Kendari  (Antara News) - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Dr Lukman Hakim direncanakan akan membuka secara langsung pelaksanaan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-13 tahun 2014 di Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi.

Sekretaris Daerah Wakatobi Sudjiton melalui Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Wakatobi La Ode Ifi, melalui telepon di Kendari Selasa, mengatakan untuk mengikuti kegiatan tersebut kepala LIPI dijadwalkan berkunjung di Wakatobi mulai tanggal 7-9 September 2014.

Ifi menjelaskan, PIRN adalah kegiatan pembinaan ilmiah remaja yang diselenggarakan sejak 2001. Para remaja langsung dibimbing dalam pelaksanaan penelitian dan diarahkan untuk menanamkan sikap dan perilaku `scientific minded, scientific curiosity, dan scientific approach`.

"Pada tahun ini, PIRN memasuki penyelenggaraan yang ke-13 diselenggarakan di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Penyelenggaraan acara tersebut atas kerja sama antara LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Wakatobi," ujarnya

Seperti pada penyelenggaraan PIRN sebelumnya, jumlah peserta yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini diperkirakan sebanyak 600 orang dari 34 provinsi.

Mereka terdiri dari para pelajar SMP dan SMA serta para guru pembimbing tingkat SMP-SMA sederajat dari seluruh Indonesia.

"Tentu dengan kegiatan perkemahan nasional ini, bagi masyarakat Wakatobi dan Sultra pada umumnya akan memberi nilai positif bagi daerah dan sekaligus bagi tamu yang akan datang lebih mengenal lebih dekat pulau Wakatobi yang dikenal dengan `surga nyata bawah laut di pusat segitiga karang dunia,`" ujaranya.

Pewarta : Antara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024