Raha  (Antara News) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara tahun 2014 ini menyediakan 800 kantong darah untuk mengantisipasi kebutuhan darah pasien di rumah sakit tersebut.

"Kami berharap, darah yang tersedia itu mampu memenuhi kebutuhan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan di RSUD Muna," kata Direktur RSUD Muna, dr Tutut Purwanto di Raha, Kamis.

Ia mengakui persediaan darah di RUSD tersebut belum tentu mencukupi kebutuhan pasien, namun untuk mengatasi kekurangan darah pihak rumah sakit meminta partisipasi masyarakat terutama pihak keluarga pasien untuk mendonorkan darah.

"Kami meminta partisipasi masyarakat, terutama pihak keluarga pasien untuk mendonorkan darah, karena bank darah yang disiapkan RSUD belum berjalan optimal," katanya.

Untuk menambah persedian darah tersebut, pihak RSUD Muna membuka layanan donor darah dari masyarakat di lokasi Pameran Pembangunan dalam rangkaian kegiatan perayaah Hari Ulang Tahun ke-55 Kabupaten Muna yang dirangkaikan dengan perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2014.

"Kegiatan Pameran Pembangunan kali ini ini kami manfaatkan meminta partisipasi masyarakat yang berkunjung di stan pameran agar mau mendonorkan darah untuk membantu pasien yang membutuhkan," katanya.

Sejak mulai pembukaan pameran, warga yang mendonorkan darah sudah mencapai 80 persen dari target 150 orang pendonor.

Pewarta : Gusti Wilantara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024