Kendari  (Antara News) - Ratusan mahasiswa mengikuti wawancara untuk seleksi penerima program Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Berprestasi (Bidikmisi) tahun 2014 di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Pengelola Bidikmisi UHO, Fitriaman di Kendari, Selasa mengatakan tes wawancara bagi mahasiswa calon penerima beasiswa tersebut diikuti sebanyak 2644 orang mahasiswa dari berbagai jurusan yang diterima di UHO.

"Sebanyak 2644 mahasiswa akan mengikuti tes wawancara sebagai salah satu persyaratan agar dapat diterima sebagai peserta beasiswa bidikmisi tahun 2014,"ujarnya.

Ia menambahkan bahwa mahasiswa yang melakukan wawancara tersebut terdiri dari 1578 mahasiswa yang lulus lewat jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), sebanyak 566 orang mahasiswa yang lulus lewat jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan sebanyak 500 orang lainnya masuk melalui tes yang akan dilakukan oleh Dirjen Dikti.

Pelaksanaan tes wawancara tersebut dilaksanakan selama lima hari mulai dari 4 - 9 Agustus 2014, hal itu dilakukan agar dapat mengurai peserta yang melakukan tes wawancara untuk dapat menjadi penerima beasiswa bidikmisi.

"Dalam menerima peserta beasiswa bidikmisi kami bukan saja menyaratkan tes wawacara tetapi kami juga melihat indikator ekonomi orang tua mahasiswa yang bersangkutan juga menjadi pertimbangan utama bagi kami," ujarnya.

Menurutnya penerima Beasiswa Bidikmisi harus dari keluarga yang taraf ekonominya kurang mampu sehingga dapat meringankan beban mahasiswa agar tetap dapat menempuh pendidikan tinggi di UHO Kendari.

Ia menegaskan program Beasiswa Bidikmisi dikhususkan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi semasa sekolah di jenjang SMA.

"Beasiswa Bidikmisi ini diberikan sejak pertama kali calon mahasiswa mendaftar sebagai mahasiswa. Jika ia lulus, maka beasiswa ini menjadi salah satu bantuan khusus untuk meringankan biaya kuliah,"ujarnya.

Selain itu katanya bagi mahasiswa yang dinyatakan diterima dalam seleksi penerimaan Beasiswa Bidikmisi nantinya akan ditempatkan di asrama khusus yang telah disiapkan oleh UHO.


Pewarta : Laode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024