Kendari  (Antara News) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kendari (DPRD) Kota Kendari,  Abdul Razak, mengatakan keberhasilan pemerintah Kota Kendari mendapatkan penghargaan Piala Adipura Kencana tahun 2014, bukan hanya sebagai prestasi, tetapi merupakan prestise bagi masyarakat Kendari.

"Saya menilai bahwa Adipura Kencana yang diraih Kota Kendari merupakan sebuah prestise dan kebanggaan seluruh lapisan masyarakat karena tidak semua daerah bisa meraih penghargaan ini," kata Abdul Razak, usai menjemput Adipura Kencana yang dibawa wali kota Kendari dari Jakarta, di Kendari, Sabtu.

Prestasi tersebut, kata Razak, harus diapresiasi karena di Indonesia timur hanya Kota Kendari yang mampu mendapatkan penghargaan sebagai kota terbersih atau paling inovatif dalam mengelola kebersihan lingkungan tersebut.

"Razak berharap prestasi tersebut akan semakin memicu pemerintah dan masyarakat Kota Kendari dalam mengelola pemerintahan daerah dari berbagai sektor termasuk dalam sektor pengelolaan lingkungan.

DPRD  setempat, kata Razak, akan selalu mendorong semua bentuk kegiatan atau program pemerintah Kendari yang menyangkut pengelolaan dan pembenahan ekosistem lingkungan.

"Bentuk suport dewan adalah dalam hal pengalokasian anggaran untuk mendukung semua program yang bermuara pada pengelolaan lingkungan,"" katanya.

Raihan Adipura Kencana, kata Razak, menunjukan bahwa daerah itu semakin mendekati misinya sebagai kota yang benar-benar menjadi daerah yang layak huni dengan pendekatan green smart city.

Kota Kendari, tahun ini meraih tropi adipura kencana bersama 14 kota lainnya di Indonesia. Sebelumnya, selama lima tahun berturut-turut Kendari meraih adipura biasa yakni 2009, 2010, 2011, 2012 dan 2013.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024