Kolaka, (Antara News) - Peringatan Isra dan Mi'raj yang dilaksanakan pihak Pemerintah Kabupaten Kolaka bekerjasama dengan PHBI di mesjid Agung Kaherah Ummah dirangkai dengan kegiatan lomba Adzan yang digelar oleh salah satu perusahaan setempat.

Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jayadin dalam peringatan isra mira`j mengatakan kisah perjalanan Nabi Besar Muhammad SAW dari mesjid Aqsa ke Sidratul Muntaha merupakan peristiwa sejarah dan penuh keajaiban.

"Secara prinsip peristiwa dimaksud merupakan momentum yang menentukan dalam perkembangan agama islam, betapa tidak kejadian luar biasa menakjubkan dan mempesona yang telah terjadi dalam peristiwa tersebut menjadi salah satu tonggak sekaligus penentu sejarah perkembangan ummat islam menuju kemajuan hingga saat ini bahkan dimasa akan datang," katanya.

Menurutnya peringatan isra miraj tidak hanya dilakukan dengan mementingkan aspek seremonialnya belaka akan tetapi kita memperingatinya karena ada keyakinan bahwa dengan hikmah yang terkandung dalam peristiwa itu dapat memberikan motivasi bahkan mengantarkan kita mencapai kebahagiaan, kedamaian dan ketentraman dalam kehidupan kita baik secara individu, kelompok masyarakat maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebagaimana yang telah diraih ummat Islam terdahulu,peristiwa ini harus menjadi motivasi bagi umat," ungkapnya.
Sementara Pembawa hikmah Isra miraj KH Muhdar Bintang dalam ceramahnya berjudul meraih berkah, memupuk ukhuwah dan mengajak masyarakat untuk tetap menghargai dan menghormati antar umat beragama dimana kabupaten Kolaka dihuni bermacam macam suku serta budaya dan agama.

"Kita menjaga kerukunan ini agar tetap hidup damai berdampingan dan tidak pernah terjadi gesekan baik antar suku maupun pemeluk agama," katanya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Jayadin menyerah hadiah berupa satu unit sepeda motor kepada Pemenang juara umum Lomba azan antar jemaah yang diikuti 225 peserta se -Kabupaten Kolaka.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024