Kendari,  (Antara  News) - Pemeritah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengembangkan tanaman pinang pada enam kecamatan di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Kendari, Zainal Arifin, di Kendari, Kamis, mengatakan tanaman pinang dikembangkan di Kecamatan Kendari, Kecamatan Kendari Barat, Kecamatan Mandonga, Kecamatan Baruga, Kecamatan Poasia dan Kecamatan Abeli.

"Kami selalu mengimbau petani agar lahan tidur yang mereka miliki selama ini dimanfaatkan dengan menanam tanaman pinang," katanya.

Menurut Zainal, tanaman pinang merupakan tanaman unggulan di Sultra secara umum, yang selalu dijual di Kendari sebelum diantarpulaukan ke Jawa dan beberapa daerah lain.

"Secara ekonomi tanaman pinang ini memiliki prospek yang sangat baik yang bisa meningkatkan taraf kehidupan petani yang eksis menanam tanaman ini," katanya.

Pemerintah kata Zainal, hanya sebatas membantu memenuhi kebutuhan mendasar patani untuk mengembangkan tanaman ini, yakni menyediakan dan membagikan bibit tanaman pinang tersebut.

"Tanaman pinang sangat cocok dengan topografi Kota Kendari khususnya di daerah perbukitan yang terdapat dibeberapa kelurahan. Selain itu, banyak pula permintaan dari pembeli terhadap kebutuhan buah pinang, sehingga kami mengembangkan tanaman ini dengan cara memperluas areal tanam," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024