Madiun,  (Antara News) - Gubernur Jatim Soekarwo melantik Wali Kota Madiun dan Wakil Wali Kota Madiun terpilih 2014-2019 yakni pasangan Bambang Irianto-Sugeng Rismiyanto, pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Madiun di gedung Asrama Haji setempat, Selasa.

         "Mengesahkan pengangkatan pasangan wali kota dan wakil wali kota terpilih dan pemberhentian bagi wali kota dan wakil wali kota yang lama sesuai dengan Surat Keputusan dari Menteri Dalam Negeri RI," ujar Ketua DPRD Kota Madiun Tohir Rochani.

         Menurut dia, dengan adanya pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun baru untuk periode 2014-2019 maka Wali Kota dan Wakil Wali Kota Madiun untuk periode 2009-2014, resmi diberhentikan dengan hormat setelah habis masa baktinya.

         Gubernur Jawa Timur Soekarwo, mengatakan, sumpah yang diucapkan oleh pasangan Bambang Irianto-Sugeng Rismiyanto, hendaklah diamalkan dengan sungguh-sungguh untuk keselamatan bangsa, Pancasila, UUD 1945, dan rakyat Kota Madiun.

         Demikian juga, dengan dilantiknya pasangan Bambang Irianto-Sugeng Rismiyanto, maka pasangan tersebut mempunyai kewajiban untuk melaksanakan visi dan misi yang telah dijanjikan pada saat masa pencalonan pilkada.

         "Saya mengingatkan tentang janji kampanye yang harus dipenuhi oleh pasangan Baris Jilid II. Masyarakat harus dilibatkan pada setiap keputusan untuk mewujudkan pemerintahan yang transparan," kata Gubernur Soekarwo.

         Selain itu, permasalahan yang harus ditangani pemerintah saat ini di Kota Madiun adalah peningkatan kapasitas pasar, UMKM, dan industri kecil. Industri rumah tangga seperti sambal pecel dan madumongso hendaknya terus dikembangkan untuk peningkatan ekonomi daerah.

         "Selanjutnya yang masih harus diurus adalah, laju pertumbuhan penduduk, lapangan pekerjaan, pendidikan, jasa, perdagangan, industri pascapanen daerah sekitar, dan pinjaman modal bagi kalangan yang kecil," ungkapnya.

         Sementara itu, Wali Kota Madiun terpilih Bambang Irianto, berjanji akan melanjutkan semua program pro-rakyat pada masa kepemimpinan 2009-2014. Alasannya, semua programnya itu berjalan dengan baik dan masih dibutuhkan rakyat.

         "Yang penting dilanjutkan. Kalau ada yang kurang ditambahi. Semua program pro-rakyat jalan terus," ujar Wali Kota Bambang Irianto.

         Sejumlah program pro-rakyat tersebut di antaranya, pendidikan gratis, beasiswa perguruan tinggi, kesehatan gratis, perbaikan infrastruktur, bedah rumah, dan jambaninsasi.

         Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Madiun yang memilihnya kembali pada Pilkada Kota Madiun 2013, hingga ia dan pasangannya Sugeng Rismiyanto dipercaya memimpin Kota Madiun pada periode berikutnya.

         Seperti diketahui, pasangan Bambang Irianto-Sugeng Rismiyanto (Baris Jilid II) berhasil memenangi Pilkada Kota Madiun 29 Agustus 2013 dengan meraih 48.546 suara atau 49,4 persen dari jumlah suara sah sebanyak 98.369 suara.

         Hasil tersebut sempat digugat oleh pasangan lain ke MK karena dugaan politik uang, namun akhirnya ditolak MK karena dinilai tidak beralasan hukum.

Pewarta : oleh Slamet Agus Sudarmojo
Editor :
Copyright © ANTARA 2024