Andoolo,  (Antara News) - Rapat pleno penetapan perolehan suara untuk calon anggota DPD RI oleh KPU Kabupaten Konawe Selatan menetapkan Muliati Saiman sebagai peraih suara terbanyak.

Dari rekapan di 22 PPK se- Konawe Selatan, Selasa, tercatat bahwa Muliati mengumpulkan 13.337 suara dari 134.608 suara sah dan 193.350 daftar pemilih di Konawe Selatan.

Di posisi kedua diraih Abdul Jabbar dengan 11.311 suara disusul H Yusran Silondae dengan perolehan 10.291 suara. Di posisi ke empat diraih calon nomor 6 Afiat Tawakal dengan perolehan 7.804 suara.

Berikutnya Arsyad yang memperoleh 5.668 suara, Abd Sahir Adi Putra ST dengan perolehan 4.442 suara, Hoesein Effendy 4.179 suara, dan H Kamaruddin 2.267 suara. Sementara untuk LM Rusman Emba mendapat sebanyak 1.974 suara.

Rapat Pleno dipimpin oleh Ketua KPU Konawe Selatan Jabal Nur didampingi empat anggotanya dan dihadiri 22 Ketua PPK se-Konawe Selatan serta unsur Panwas.

Pleno KPU itu sempat mendapat protes dari saksi calon DPD karena adanya tawaran dari Panwas agar membaca total perolehan suara total se-Konawe Selatan.

Dengan komplain tersebut, saksi meminta agar perolehan suara calon DPD dibacakan perolehan suaranya berdasarkan kecamatan.

Atas permintaan tersebut, komisioner KPU yang membaca perolehan suara melalui Nuzul Qadri tetap melanjutkan dengan membaca perolehan suara calon DPD sesuai nomor urut dan per kecematan.

"Atas permintaan saksi, KPU tetap melanjutkan pembacaan perolehan suara berdasarkan nomor urut calon dan per kecamatan. Kalaupun ada komplain atas selisih dari saksi, baru kita sesuaikan," ujar Nuzul Qadri.

Berdasarkan perolehan suara hasil Pemilu DPR RI, DPD, DPRD Kabupaten dan Provinsi tanggal 9 april lalu, KPU Konawe Selatan telah melakukan pleno dengan aman dan tertib.

Hasil pleno KPU Konawe Selatan berdasarkan pleno PPK tersebut selanjutnya akan diplenokan di KPU Provinsi keesokan harinya.

Selanjutnya KPU akan menggelar pleno untuk penetapan perolehan suara DPRD Provinsi dan DPRD Konawe Selatan," ujar Ketua KPU Konawe Selatan Jabal usai menutup rapat pleno penetapan suara caleg DPD RI.

Pewarta : Antara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024