Jakarta (Antara News) - Wakil Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Partai Golkar Luhut B Pandjaitan mengungkapkan partainya sedang melakukan penjajakan terhadap empat tokoh yang mungkin menjadi cawapres untuk mendampingi Aburizal Bakrie (ARB) dalam Pemilu Presiden 2014.

         "Beberapa nama yang diinginkan Pak ARB sudah dihubungi. Namanya paling tidak ada empat," ujar Luhut Pandjaitan dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

         Luhut enggan membuka tabir siapa keempat tokoh itu, karena hal tersebut merupakan kewenangan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie.

         "Itu wilayah kewenangan Ketua Umum. Jangan melanggar fatsun-fatsun berpolitik," kata dia.

         Yang pasti, kata Luhut, sejauh ini Golkar sedang melakukan penjajakan kemungkinan koalisi dengan sejumlah partai, dua di antaranya Partai Hanura dan Partai Demokrat.

         Dia mengatakan kedua partai itu memiliki platform yang sama dengan Golkar. Namun sejauh ini belum ada kesepakatan formal dengan kedua partai.

         "Untuk penjajakan dengan partai lain apa yang tidak mungkin? Mungkin PKS, mungkin juga PKB, kan sah-sah saja," ujarnya.

         Sedangkan untuk PDI Perjuangan, dia menekankan bahwa Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie secara terang benderang telah menyatakan bahwa Golkar dan PDI Perjuangan akan bersaing hingga Pilpres. Kedua partai baru akan saling mendukung pasca-pilpres nanti.

         "Pak ARB sudah menyatakan lebih dulu bahwa Golkar akan bersaing dengan PDIP pada Pilpres. Sedangkan setelah Pilpres, Golkar dan PDIP berjanji untuk saling mendukung siapapun yang terpilih," ujar dia.

Pewarta : Oleh Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024