Serang,  (Antara News) - Kendaraan sepeda motor mendominasi penumpang di Pelabuhan Merak, Cilegon, pada liburan panjang akhir pekan dan hari ranya nyepi, Minggu (30/3).

        Corporate Secretary PT. ASDP Indonesia Ferry Mari Sardadi Utomo mengatakan, jika dibandingkan hari biasanya, kenaikan jumlah kendaraan pada Minggu (30/3) terjadi pada kendaraan sepeda motor sebanyak 2.659 unit yang pada hari normal hanya 700 unit.  Sedangkan mobil pribadi sebanyak  3042 unit yang pada hari biasanya rata-rata hanya 1700 unit.

         "Kenaikan juga terjadi pada penumpang 'non' kendaraan sebanyak 6.541 orang atau naik sekitar 40 persen dari hari biasanya," kata Mario.

        Untuk mengantisipasi kenaikan penumpang pada masa libur panjang akhir pekan dan libur hari raya nyepi, PT ASDP Merak berupaya terus memberikan pelayanan optimal dengan mengoperasikan maksimal 24 kapal serta empat dermaga.

         "Kami perkirakan kondisi arus balik terjadi pada Senin 31 Maret 2014," kata Mario dalam siaran persnya.

         Ia mengatakan, saat ini kondisi antrean kendaraan di dalam pelabuhan dermaga siap muat kurang lebih 160 unit. Sedangkan kondisi cuaca di sekitar Pelabuhan Merak berawan, angin Barat - Barat Laut dengan kecepatan 05 sampai  10 knot serta ketinggian gelombang 0,5 - 0,75 meter.

Pewarta : oleh Mulyana
Editor :
Copyright © ANTARA 2024