Kupang,  (Antara News) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur, Johanis Depa mengatakan, kampanye rapat umum dan media untuk peserta Pemilu legislatif 2014 digelar serentak di Tanah Air 16 Maret hingga 5 April 2014.

        Berdasarkan jadwal, pelaksanaan deklarasi kampanye damai akan dilaksanakan 15 Maret yang kemudian dilanjutkan kampanye parpol dan calon DPD RI 16 Maret  hingga 5 April 2014," katanya di Kupang, Sabtu.

        Ia mengatakan hal itu usai memimpin rapat koordinasi tentang jadwal kampanye pemilihan legislatif di daerah itu.

        "Rapat koordinasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi masing masing partai politik peserta pemilu sehingga dapat meminimalisasi terjadinya singgungan massa saat pelaksanaan kampanye," katanya.

        Untuk menghindari hal itu, disepakati bersama untuk membagi peserta pemilu pada April 2014 dalam tiga kelompok wilayah dengan masing-masing terdiri dari empat partai politik dan atau calon DPD dengan nomor urut 1-14 atau terbagi dalam tiga zona.

        "Untuk Partai POlitik dibagi berdasarkan kelompok kabupaten terdekat, sementara untuk calon DPD perorangan dibagi berdasarkan zona," katanya.

        Misalnya kelompok satu untuk Partai Politik terdiri dari Partai Nasional Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, berikut kelompok dua Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional.

        Selanjutnya kelompok tiga terdiri dari Partai Persatuan Pembangunan, Partai hati Nurani Rakyat, Partai Bulan Bintang dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

        Sedangkan wilayah kampanye dibagi berdasarkan kelompok kabupaten terdekat seperti kelompok I Sumba Raya yang terdiri dari Sumba Timur, Sumba Barat, Sumba Barat Daya dan Sumba Tengah.

        Kelompok II Kota Kupang, Kabupaten Kupang, kelompok III Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu dan kelompok IV Kabupaten Rote NDao, Sabu Raijua.

        Kelompok V Kabupaten ALor, Lembata, kelompok VII Kabupaten Ende, Ngada, Nagekeo dan kelompok VIII wilayah Manggarai Raya yang terdiri dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat.

        Ia mengatakan, untuk tempat dan bentuk kampanye dikoordinasikan dengan KPU kabupaten/kota di NTT dan memberitahukannya ke pihak kepolisian.

        Dia menyebut jumlah partai politik peserta pemilu di Nusa Tenggara Timur pada pemilu legislatif yang akan digelar 9 April 2014 ini sebanyak 12 partai.

         Sementara untuk anggota DPD RI asal Nusa Tenggara Timur sebanyak 41 orang yang terdiri dari delapan calon perempuan dan 34 calon pria akan memperebutkan empat kursi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia pada Pemilihan Umum Anggota DPD RI di Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Timur 9 April 2014.

Pewarta : oleh Hironimus Bifel
Editor :
Copyright © ANTARA 2024