Kolaka ( Antara News) - KPU Kabupaten Kolaka mulai melakukan pembenahan dan perbaikan kotak suara lama untuk digunakan pada Pemilu legislatif, 9 April 2014.

Sekretaris KPU Kolaka, Idham Hindardi di Kolaka, Jumat mengatakan, pihaknya kini melakukan perbaikan kotak dan bilik suara yang digunakan saat pilkada Kolaka yang lalu, untuk dapat dimanfaatkan pada Pemilu mendatang.

Menurut dia, kotak suara yang lama nanti menjadi prioritas untuk digunakan di wilayah yang jauh dari jangkauan, karena barang logistik ini terbuat dari lempengan seng dan ketahanannya sudah teruji pada saat pemilu dan pilkada yang lalu. "Kita punya stok kotak suara sekitar dua ribu buah untuk bisa digunakan di beberapa tempat pemungutan suara yang berada di luar kota Kolaka, terutama di wilayah terpencil," ujarnya.

Sementara kotak suara yang baru, kata dia, akan digunakan pada TPS-TPS yang berada dalam kota Kolaka karena barang logistik tersebut dikhawatirkan mudah rusak kalau diantar ke luar kota karena terbuat dar kardus.

"Karena kondisi cuaca yang tidak menentu, kami khawatir mengirim logistik dari bahan kardus ke wilayah yang jauh dari kota, sebab terkena air, maka repot untuk menggantinya," ujarnya.

Menurut Idham, TPS yang tersebar di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur berkisar delapan ratusan TPS, sudah cukup terpenuhi dengan jumlah logistik, baik kotak suara lempengan seng maupun kotak suara kardus.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024