Biak (Antara News) - Kalangan prajurit TNI di Kabupaten Biak Numfor, Papua melakukan siaga pencegahan penanggulangan bencana alam di wilayah itu melalui kegiatan apel bersama di lapangan Makorem, Senin.

       Kepala Staf Resort Militer 173/PVB Kolonel CZI M Jangkung Widyanto membacakan amanat KASAD Jenderal TNI Budiman mengajak, prajurit TNI dari berbagai  satuan senantiasa bertugas membantu korban bencana alam.

       Ia mengakui, kejadian bencana alam di Indonesia, seperti longsor banjir bandang di Manado, Sulut, Situbundo, erupsi gunung Sinabung, banjir di Jakarta serta  meletusnya gunung kelud yang mengakibatkan adanya korban di masyarakat.

       Prajurit TNI, lanjut KASAD, pada apel gabungan ini dapat meningkatkan koordinasi kerja sehingga jika suatu saat terjadi bencana di tempat dapat bertindak memberikan pertolongan kepada masyarakat.

       Pada kesempatan apel gabungan, Jenderal TNI Budiman, mengingatkan prajurit TNI untuk tetap menjaga netralitas TNI dalam Pemilu 2014. "Jika ada praurit TNI yang melanggar netralitas akan ditindak tegas hingga proses pemecatan," ujarnya.

       Dalam pengamanan Pemilu 2014,  lanjut KASAD, prajurit TNI akan membantu Kepolisian untuk menjaga kamtibmas demi suksesnya dan lancarnya pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu.

       Apel gabungan bersama prajurit TNI siaga bencana juga diikuti Basarnas, PNS serta satuan TNI AD, Laut, Udara serta Brimob.

Pewarta : Oleh Muhsidin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024