Mamuju (Antara News) - Pembangunan jalan arteri Provinsi Sulawesi Barat yang dibangun dalam tiga tahap hingga 2016, akan diresmikan Mentri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Radjasa.

     "Mentri Koordinator Bidang Perekonomian akan meresmikan pembangunan jalan arteri pada awal tahun 2014 mendatang," kata Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Selasa.

     Ia mengatakan, jalan arteri akan diresmikan Menko Bidang Perekonomian karena jalan itu akan memajukan perekonomian masyarakat, karena aktivitas ekonomi masyarakat akan semakin lancar dengan dibangunnya jalan itu.
"Jalan arteri Sulbar akan memudahkan distribusi hasil sumber daya alam masyarakat yang dikelola masyarakat khususnya aktivitas ekonomi antar kabupaten di Sulbar, sehingga dimasa mendatang ekonomi masyarakat sulbar diyakini akan naik pesat," katanya.

     Ia mengatakan, jalan arteri di sepanjang pantai Provinsi Sulbar akan dibangun tiga tahap dengan total panjang mencapai 102 kilometer, sementara lebar jalan arteri yang dibangun mencapai 20 meter terdiri dari empat jalur.     "Tahap pertama akan dibangun memanjang menyisir pantai Mamuju dari kantor Gubernur Sulbar menuju arah utara hingga Bandara Tampapadang Mamuju dan Pelabuhan Belang Belang Mamuju, sepanjang 23 kilometer," katanya.

     Menurut dia, pada tahap pertama jalan yang dibangun menuju bandara dan pelabuhan Mamuju menelan anggaran sekitar Rp100 miliar dan diatasnya juga dibangun 12 titik jembatan yang akan didesain dengan indah.

     Kemudian selanjutnya akan dibangun lagi dari Kantor Gubernur Sulbar menuju Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju, setelah itu akan dibangun lagi menuju Pelabuhan Palipis Kabupaten Majene. "Pembangunan jalan arteri itu secara keseluruhan akan menelan anggaran hingga 900 miliar, dan pembangunannya akan dimulai pada 2014 dan diselesaikan pada tahun 2016 mendatang," katanya.

     Ia mengatakan, pembangunan jalan tersebut telah disusun perencanaannya dengan menggunakan konsultan nasional dari Badan Usaha Milik Negara.

Pewarta : Oleh M Faisal Hanapi
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024