Kolaka, (Antara News) -Menjelang pergantian tahun, harga tiket pesawat di beberapa agen perjalanan (Travel) maskapai penerbangan mulai mengalami kenaikan hingga 50 persen.

Abdul Azis salah satu agen perjalanan di Kolaka mengatakan kenaikan harga tiket pesawat mulai terjadi sejak awal bulan desember lalu karena banyaknya warga masyarakat yang akan melakukan perjalanan akhir tahun.

" Menjelang liburan Hari Natal dan Tahun Baru ini konsumen banyak berburu tiket pesawat di beberapa agen perjalanan," Katanya.

Menurutnya sebelum memasuki bulan desember, harga termurah tiket pesawat rute Pomalaa , Makassar yang dilayani oleh maskapai penerbangan Wings Air di kisaran Rp. 400 ribu, namun kini harganya menjadi Rp. 566 ribu untuk satu kali penerbangan.

" Kami menduga harga tiket jelang seminggu liburan tahun baru bisa mencapai Rp. 812 ribu rupiah itupun juga konsumen harus memesan empat hari sebelumnya," Ungkap Azis.

Azis juga mengaku,pihaknya sudah banyak menerima pesanan tiket secara online dari konsumen meskipun harga tiket mengalami kenaikan dan ini terjadi jika menjelang liburan Hari Raya.

"Jadi memang seperti rutin begini, kalau mau lebaran atau tahun baru dan libur panjang,harga tiket selalu naik," Jelasnya.

Mengenai banyaknya tudingan konsumen mengenai tingginya harga tiket tersebut hanya akal-akalan agen perjalanan, Azis dengan tegas membantah tudingan itu.

"Naiknya harga tiket menjelang hari libur dan hari raya bukan akal-akalan pihak perjalanan melainka harga tiket semua sama di seluruh agen,bahkan harganya bisa diliaht langsung secara Online," terangnya.

Sementara itu,Nur Idris salah satu konsumen yang sudah membeli tiket untuk rute Kolaka-Makassar mengeluhkan tingginya kenaikan harga tiket yang selalu terjadi menjelang hari raya dan libur.

"Kami juga tidak mengerti harga tiket naik menjelang hari libur seperti ini dan hari raya," ujarnya.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024