Kolaka, (Antara News) - Komandan Distrik Militer (Dandim) 1412 Kolaka, Letkol Inf. Febril Buyung Sikumbang menjadi inspektur upacara pada pelaksanaan hari Pahlawan yang ke 68 dihalaman kantor Pemerintah daerah setempat.

Dalam arahannya saat membacaakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI mengintakan kembali kepada generasi muda khususnya bagi penerus cita-cita dan nilai perjuangan para pahlawan tidak bisa dilupakan.

"Kita menyadari bahwa dinamika perubahan yang terus berkembang dalam kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara menyisakan banyak masalah," katanya mengutip pernyataan menteri sosial.

Menurutnya masalah kemiskinan, keterlantaran,pengangguran serta konflik antara warga dapat mengganggu kelangsungan dan keharmonisan dalam semua aspek.

"Untuk mengatasi masalah itu kita harus bahu-membahu dan secara bersama-sama melakukan segala upaya agar impian dan harapan menjadi Negara yang berdaulat,adil dan makmur bisa terwujud seperti yang di inginkan para pahlawan kita yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan," ungkapnya.

Begitu pula saat upacara berlangsung beberapa peserta dari siswa-siswi sekolah menengah atas pingsan akibat tidak tahan dengan teriknya matahari dan langsung mendapat perawatan dari tim medis.

Dalam upacara peringatan hari pahlawan itu selain dihadiri forum pimpinan daerah juga dihadiri para veteran,pejabat Pemda dan pimpinan OKP yang dilanjutkan dengan tabur bunga di taman makam pahlawan desa Walara Kecamatan Baula yang dipimpin Wakapolres Kolaka Kompol Dody Ruyatman mewakili kapolres.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024