Kendari,  (Antara News) - Gubernur Sulawesi Tenggara, H Nur Alam mengatakan, semangat sumpah pemuda yang dideklarasikan 85 tahun silam hendaknya mampu membakar gelora kaum muda untuk bersama-sama mewujudkan kebangkitan bangsa Indonesia.

"Sumpah pemuda yang kita peringati setiap tanggal 28 oktober itu tidak hanya sekedar upacara peringatan saja, tetapi bagaimana moment sumpah pemuda itu merupakan suatu kekuatan yang menjadi ruh nasionalisme di seluruh tanah air," katanya usai memimpin upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Nasional (HSPN) ke-85 tingkat provinsi di pusatkan di pelataran kantor gubernur, Senin.

Upacara HSPN ke-85 yang ditandai dengan pengibaran sang merah putih dan pembacaan ikrar pemuda dari puluhan pemuda-pemudi berpakian khas daerah masing-masing itu membuat sausana upacara lebih semarak dan menjadi perhatian dari undagan maupun peserta upacara itu sendiri.

Semangat Sumpah Pemuda yang dideklarasikan tepatnya tanggal 28 Oktober 1928 itu, seharusnya mampu membakar gelora kaum muda untuk bersama-sama mewujudkan kebangkitan bangsa Indonesia.

Ia mengatakan, sumpah pemuda yang kita peringati setiap 28 Oktober bukan sekadar upacara peringatan biasa tetapi bagaiman bisa menghimpun seluruh kekuatan kepemudaan yang tergabung dalam berbagai organisasi kepemudaan.

"Jadi saat ini tidak ada lagi istilah pengkotak-kotakan aantara pemuda satu dengan yang lainnya, semuanya sama. Yang terpenting adalah bagaimana kaum pemuda bisa melahirkan gagasan dan inovasi baru untuk kemaslahatan orang banyak," katanya.

Sebelumnya, pada 27/10 malam, gubernur sultra Nur Alam mendapat penganugrahan Pemuda inspiratif kategori "Special Achievment" yang diberikan Ketua DPD KNPI Sultra Hidayatullah.

Ikrar kaum muda, lanjut Nur Alam, sekaligus penegasan kecintaan terhadap tanah air, bangsa dan bahasa merupakan modal dasar yang dapat mempersatukan gagasan, tujuan dan perjuangan kaum muda mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan kejayaan Indonesia.

Rangkaian upacara sumpah pemuda tahun 2013 ini, selain dipusatkan di halaman kantor Gubernur di Bumi Parja Andonohu untuk tingkat provinsi juga di lakukan upacara yang sama di halaman kantor Wali Kota Kendari yang dipimpin Wali Kota dan wakil Wali Kota Kendari.

Aksi unjukrasa dari berbagai kelompok mahasiswa dibeberapa titik jalan utama di Kota Kendari, tidak membuat suasana macet di jalan dan aktivitas masyarakat berjalan seperti biasa hingga siang hari ini.

Pewarta : oleh Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024