Mamuju,  (Antara News)- Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi atau penghargaan kepada masyarakat Kabupaten Polewali Mandar atas sukses pelaksanaan pemilihan kepala daerah setempat yang berlansung lancar dan damai.

 "Terima kasih kepada masyarakat Polewali Mandar yang telah membuat daerahnya aman dalam melaksanakan pilkada digelar 8 Oktober  2013," kata Gubernur Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Rabu.

Ia mengatakan, dengan terlaksananya pilkada Polman dengan damai maka seluruh pilkada Kabupaten dan tingkat Provinsi yang digelar di Provinsi Sulbar, telah berlansung aman dan damai.

"Itu artinya kualitas demokrasi di Sulbar sudah meningkat karena masyarakat telah bisa memahami demokrasi dengan memilih pemimpin dengan baik, tanpa melakukan konflik yang dapat merugikan kita semua, itu harus dipertahankan di masa mendatang," katanya.

Gubernur berharap agar masyarakat di Sulbar khususnya di Polman yang baru selesai melaksanakan pilkada, tidak seperti di daerah lain yang ketika tidak puas terhadap hasil pilkada menghalalkan segala cara yang membuat situasi menjadi tidak aman.

Menurut dia, KPU Polman, telah menetapkan pasangan nomor 3 yakni Andi Ibrahim Masdar dan Natsir sebagai pemenang pilkada Polman dengan suara 35,75 persen, dan segera akan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Polman yang baru.

"Masyarakat mesti menerima calon pemimpinnya lima tahun mendatang, dan bersama-sama membangun Polman agar lebih maju dan berkembang dimasa mendatang," katanya.

Ia berharap agar kandidat yang kalah di Polman, dapat menerima hasil pilkada Polman dan bila tidak puas menempuh jalur hukum.

"Silahkan tempuh jalur hukum bagi yang kalau karena itu sudah aturannya, dan jangan membuat sesuatu yang bisa merusak kedamaian yang telah tercipta di Polman, demokrasi mesti kita junjung tinggi di daerah ini, dengan menciptakan proses politik yang damai," katanya.

Pewarta : oleh. M Faisal Hanafi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024