Kendari,  (Antara) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini sedang menyusun desain pembangunan Jembatan yang akan menghubungkan Pulau Muna dan Pulau Buton.

Gubernur Sultra, Nur Alam, di Kendari, Sabtu mengatakan, jembatan tersebut akan dibangun pada titik terdekat antara Muna dan Buton yakni di sekitar perkampungan Baruta.

"Jembatan penghubung antara Pulau Muna dan Buton ini akan dibiayai oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum," katanya.

Kementerian PU, kata Nur Alam, sangat merespon positif rencana pembangunan jembatan tersebut sehingga memerintahkan pemerintah Sultra secepatnya menyelesaikan desain jembatan.

"Desain jembatan tersebut sedang dalam tahap peneyelesaian setelah itu akan diserahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum," katanya.

Nur Alam mengaku, untuk membangun jembatan yang diperkirakan sepanjang 1,2 kilometer tersebut membutuhkan anggaran sekitar Rp1 triliun.

"Bukan persoalan berapa besar dana yang dibutuhkan pembangunan jembatan, tetapi yang terpenting Kementerian PU sangat mendukung sehingga ini akan menguntungkan sekali bagi masyarakat Sultra," katanya.

Pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Muna dengan Pulau Buton akan semakin memperlancar lalu lintas transportasi bolak balik masyarakat yang mendiami kedua pulau terbesar yang ada pada gugusan kepulauan di Sulawesi Tenggara.

Di Pulau Muna terdapat beberapa kabupaten yakni Kabupaten Muna, sebagian masuk wilayah Kabupaten Buton (Rencana dimekarkan menjadi Buton Tengah, Kabupaten Muna Barat.

Sedangkan di Pulau Buton terdapat Kabupaten Buton, Kota Baubau, Kabupaten Buton Utara dan sebagian masuk wilayah Kabupaten Muna.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024