Jakarta (Antara News) - Eksekutif Direktur Greenpeace Internasional Kumi Naidoo bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono di atas kapal Greenpeace, Rainbow Warrior, di Jakarta hari ini. Pertemuan tersebut dilakukan untuk menyampaikan dukungan Greenpeace terhadap sikap Presiden yang mendukung perlindungan keanekaragaman hayati Indonesia. Presiden SBY menjadi kepala pemerintah / kepala negara yang pertama kali mengunjungi geladak kapal Rainbow Warrior.

Presiden datang ke Pelabuhan Tanjung Priok sekitar pukul 08.30, dengan didampingi oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono, menantu dan cucunya yaitu Annisa Pohan dan Almira Tunggadewi Yudhoyono. Presiden juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Kelautan dan Perikanan Syarif C Sutardjo, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Lingkungan Hidup Baltashar Kambuaya.

"Greenpeace mendapat kehormatan dapat menyambut Presiden di atas Rainbow Warrior. Kehadiran Presiden di atas kapal yang menjadi simbol perlindungan lingkungan ini kami harap dapat mewujudkan perlindungan atas keanekaragaman hayati luar biasa ini dengan yang lebih kuat lagi, termasuk kelompok masyarakat yang hidup dari keanekaragaman hayati tersebut."

"Presiden juga harus mendapatkan ucapan selamat atas kemajuan yang terjadi selama pemerintahannya. Kemajuan yang membawa perlindungan pada hutan sejak pertemuan pertama kami pada tahun lalu. Tentu masih ada pekerjaan rumah krusial yang harus diselesaikan dan kami di Greenpeace memberi dukungan penuh terhadap komitmen pemerintah untuk mewujudkan hutan tanpa deforestasi."

"Kami bekerja untuk meyakinkan terwujudnya perlindungan atas keanekaragaman hayati Indonesia bukan sekedar kepentingan lingkungan itu sendiri. Perlindungan keanekaragaman hayati adalah perwujudan keadilan sosial, sebab masyarakat termiskin di pedalaman adalah pihak pertama yang akan menderita saat alam binasa lantaran mereka menggantungkan hidupnya pada alam," Ujar Kumi.

Kapal Greenpeace, Rainbow Warrior baru saja mengarungi perairan di Indonesia selama satu bulan lamanya dalam rangka membangkitkan kesadaran atas warisan keanekaragaman hayati Indonesia yang begitu kaya, namun penuh ancaman. Seluas 10% hutan hujan dunia terletak di wilayah Indonesia, bahkan 50 tahun lalu 82% wilayah Indonesia tertutup oleh hutan dan dalam dekade terakhir jumlahnya terus menurun hingga 48% wilayah Indonesia yang tertutup hutan.

Setelah mendapatkan penjelasan mengenai kiprah Greenpeace Indonesia selama 10 tahun yang membantu pemerintah dalam melakukan advokasi lingkungan dan kehutanan, SBY bersama rombongan naik ke geladak kapal Rainbow Warrior.

Dengan dipandu oleh Kumi Naido, Presiden berkeliling geladak kapal, ruang kemudi, menyusuri kabin sampai ke haluan kapal. Di haluan kapal, Kumi menyerahkan buku "Down To Zero" yang berisi mengenai kiprah Greenpeace selama 10 tahun di Indonesia.  Kumi juga menyerahkan souvenir Greenpeace kepada cucu SBY, Almira Tunggadewi.

Dalam kesempatan ini, Presiden berharap pihak pemerintah Indonesia dapat menjalin kerjasama dengan Greenpeace dalam rangka pemeliharaan lingkungan keanekaragaman hayati Indonesia.

"Saya senang dapat bertemu kembali dengan sahabat saya, Kumi Naidoo. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Greenpeace atas berbagai usaha yang telah dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan Indonesia dan juga dunia. Sebagai negara yang berkembang, Indonesia tentunya butuh pembangunan ekonomi, tetapi pembangunan yang tidak mengorbankan lingkungan. Meskipun, kami menghadapi beberapa tantangan, namun kami yakin kami bisa melakukan kedua hal tersebut. Saya ingin mewariskan lingkungan yang bersih dan aman kepada cucu-cucu saya di kemudian hari,"

"Saya katakan kepada Greenpeace bahwa Indonesia memiliki komitmen yang tinggi untuk terus mengurangi emisi karbon, memelihara hutan, memerangi illegal logging, mengatasi kebakaran hutan, mencegah deforestasi yang tidak terkendali, melakukan moratorium pada hutan-hutan primer dan lahan gambut dan tidak kalah pentingnya adalah melakukan gerakan penanaman satu milyar pohon setiap tahunnya, ini adalah upaya yang nyata meskipun selalu ada tantangannya tetapi tahun demi tahun hasilnya terlihat." Begitu pernyataan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden optimis dalam 25 - 30 tahun mendatang Indonesia akan semakin hijau lingkungannya tak lepas dari hasil kerja serius pemerintah dan masyarakat sekarang dalam menjaga dan memelihara lingkungan.

Petualangan Rainbow Warrior juga mengungkapkan betapa Indonesia adalah salah satu wilayah dengan dengan habitat pesisir dan laut dalam yang paling kaya. Malangnya terumbu karang Indonesia adalah salah satu yang paling terancam akibat overfishing, polusi, dan perubahan iklim.

Greenpeace adalah organisasi kampanye independen yang menggunakan aksi tanpa kekerasan, dan konfrontasi kreatif dalam mengungkapkan masalah lingkungan global serta mendorong solusi penting lagi mendasar bagi masa depan yang hijau dan damai.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024