Kolaka,  (Antara News) - Rektor Univesitas Sembilan November (USN) Kabupaten Kolaka, DR. Ashari memberikan beasiswa kepada 50 orang mahasiswa miskin dari Kopertis wilayah IX Makassar, Sulawesi Selatan.

Acara penyerahan beasiswa itu juga berlangsung secara terbuka di depan para mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di kampus dan dihadiri jajaran petinggi kampus, di Kolaka, Selasa.

Rektor USN, Ashari menjelaskan pemberian beasiswa itu diperuntukkan bagi mahasiswa yang memang tidak mampu dan berprestasi serta mempunyai nilai rata-rata (IP 3,5) dan harus diseleksi secara terbuka.

"Ini adalah program tahunan yang dilakukan kopertis dalam memberikan beasiswa kepada mahasiswa miskin," katanya,

Menurut Rektor, jumlah mahasiswa yang menerima besiswa hanya mencapai 50 mahasiswa atau menurun, dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 200 mahasiswa.

"Ini dikarenakan USN tahun ini akan menjadi universitas Negeri makanya di kurangi oleh kopertis," ungkap Ashari.

Begitu juga bagi mahasiswa yang belum mendapatkan beasiswa dari kopertis, pihaknya akan mengupayakan dari pihak perusahaan seperti PT.Antam dan PT.Inco yang kini telah berubah manajemen menjadi PT.Vale.

"Kalau beasiswa dari kedua perusahaan itu saat ini sementara berjalan dan mudah-mudahan tahun mereka bisa membantu lagi," jelasnya.

Untuk itu kata dia, berharap kepada mahasiswa yang mendapatkan beasiswa itu untuk tekun belajar agar bisa meningkatkan kualitas pendidikan sehingga bisa bersaing dengan mahasiswa lainnya dalam hal pendidikan.

Salah seorang mahasiswi, Maemunah (21), dari fakultas ilmu kejuruan merasa senang dan bersyukur karena telah menerima beasiswa yang bisa meringankan beban biaya kuliah dari kampus.

"Saya merasa bersyukur telah menerima beasiswa dari kopertis, dan ini akan menjadi motivasi untuk giat belajar," kata mahasiswa semester empat itu.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024