Kolaka (ANTARA News) - Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara FISIP Universitas Sembilanbelas November (USN) Kabupaten Kolaka melakukan kegiatan "Benah Wisata" di kawasan obyek wisata Tamborasi.

Salah seorang mahasiswa peserta wisata itu, Takbir di Kolaka, Senin, menjelaskan kegiatan benah lokasi wisata dengan tema  "Menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat" sebagai wujud kepedulian kampus tersebut terhadap pelestarian sumber daya alam, khususnya lokasi wisata itu.

Ia juga berharap, kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh mereka, tetapi juga mahasiswa lain yang ingin bergabung dan memiliki kepedulain terhadap pelestarian obyek wisata.

"Siapa pun mahasiswa yang ingin bergabung pada kegiatan ini kami dengan senang hati menerima sebagai wujud rasa peduli terhadap dunia pariwisata apalagi lokasi wisata permandian Tamborasi terkenal dengan sembutan sungai terpendek," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan Benah Wisata itu, selain dilakukan pembuatan dan pemasangan papan "Selamat Datang" di lokasi obyek Wisata Tamborasi, juga pemasangan beberapa papan himbauan agar pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan lokasi wisata itu dari sampah.

"Selain itu kami juga melakukan pembersihan sungai dari tumpukan kayu yang rebah di area permandian Tamborasi dengan menggunakan mesin pemotong kayu yang melibatkan oleh warga setempat," ujar Takbir.

Sementara itu, Kepala Desa Tamborasi, Muhammad Tasrif  yang didampingi Ketua PNPM Pariwisata Obyek wisata Tamborasi, Ambo Dalle, yang ikut langsung membantu kegiatan mahasiswa itu menyatakan sangat merespon kegiatan mahasiswa peduli tempat wisata itu.

"Kami sangat senang dengan kegiatan sosial yang dilakukan oleh mahasiswa yang mempunyai jiwa peduli terhadap dunia pariwisata," kata Tasrif sambil berharap kegiatan seperti ini dapat jufa dilakukan di lokasi obyek wisata lainnya yang ada di Kolaka.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024