Bandung (Antara News) - Calon Gubernur Jabar Dede Yusuf mengaku kalah dan menyampaikan ucapan selamat bagi pemenang Pilkada Jabar 2013, Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar, setelah mendapatkan hasil hitung cepat yang menempatkan dirinya pada peringkat ketiga, Minggu.

"Kami paham teknologi hitung cepat hasilnya hampir mendekati penghitungan faktual, dan melihat angka perolehan suara di bawah 30 persen maka kami tidak bisa melanjutkan langkah, selamat kepada siapapun gubernur terpilih," kata Dede Yusuf yang memiliki nama lengkap Dede Yusuf Macan Effendi di Posko Tim Dede-Leks Laksamana di Bandung.

Pada kesempatan itu, Dede Yusuf yang memiliki nomor urut tiga menyampaikan apresiasinya kepada  para tim sukses, pendukung dan relawan yang menyampaikan dukungannya dalam proses Pilkada Jabar 2013.

Ia menyebutkan, Pilkada Jabar telah berlangsung aman, adil dan lancar, dan ia mengapresiasi kerja keras seluruh penyelenggara Pilkada Jabar dan aparat keamanan.

Ia menyatakan salut kepada tim sukses dan pendukungnya yang terus melakukan dukungan hingga titik terakhir masa sosialisasi dan kampanye.

Menurut Dede, Pilkada Jabar 2013 diharapkan mejadi sebuah pembelajaran demokrasi yang telah dihadapi bersama oleh seluruh rakyat Jabar.

"Mohon maaf bila hasil Pilkada 2013 tidak memberikan harapan, saya mohon maaf atas hasil Pilkada yang kontribusinya belum memenuhi harapan," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh calon Wakil Gubernur Jabar H Leks Laksamana yang menyatakan apresiasi kepada para pendukung dan simpatisan yang telah mendukung perjuangan dirinya dengan Dede Yusuf.

"Mohon maaf bila hasil perolehan suara pada Pilkada 2013 ini tidak memenuhi harapan semuanya," kata Leks Laksamana yang juga mantan Sekda Jabar itu.

Suasana di Posko Pemenangan Dede Yusuf - Leks Laksamana di Hotel Patra Jasa Kota Bandung itu cukup tegang ketika dilakukan proses hitung cepat oleh Jaringan Indonesia, lembaga survey yang digandeng pasangan Dede-Leks yang hasil akhirnya menempatkan pasangan nomor urut tiga itu di peringkat ketiga.

Berdasarkan hasil hitung cepat itu, pasangan Dede Yusuf - Leks Laksamana yakni Dikdik MA Mansyur - Dedep Nana Suryana Thoyib 1,67 persen, Irianto MS Syafiuddin (Yance) - Tatang Farhanul Hakim 12,75 persen, Dede Yusuf - Leks Laksamana 25,65 persen, Ahmad Heryawan - Deddy Mizwar 31,96 persen, Rieke Diah Pitaloka - Teten Masduki 27,96 persen.

Sementara itu, pemenang Pilkada Jabar adalah calon yang mengumpulkan suara di atas 30 persen.


Gubernur Jawa Barat yang juga petahana pada Pilkada Jabar 2013 Ahmad Heryawan menyatakan, kemenangan pasangan calon gubernur manapun pada pesta demokrasi yang digelar Minggu (24/2)  merupakan kemenangan seluruh rakyat Jawa Barat.

"Seyogyanya kemenangan disyukuri, tim sukses, simpatisan dan pendukung untuk mengindari kemenangan secara berlebihan, karena kemenangan kandidat gubernur di Pilkada Jabar 2013 merupakan kemenangan seluruh rakyat Jabar," kata Ahmad Heryawan di Posko Tim Sukses Tim Aher-Demiz di Bandung, Minggu.

Berdasarkan hasil hitung cepat dari Lingkar Survey Indonesia (LSI) dan sejumlah lembaga survei lainnya, menunjukkan pasangan nomor urut empat Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar unggul sementara atas empat pasangan lainnya.

Menyikapi keunggulan sementara berdasarkan hitung cepat, Ahmad Heryawan menyikapinya dengan tenang dan santai. Cara penghitungan cepat, menurut Heryawan, merupakan cara penghitungan modern dengan tingkat akurasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

Hitung cepat, kata dia, biasanya tidak jauh dari hasil penghitungan faktual oleh lembaga penyelenggara pemilu. Ia  menyatakan hasil quick count menjadi salah satu pegangan di tim suksesnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan apresiasi kepada rakyat Jabar yang cukup antusias memberikan hak pilihnya di TPS di lingkungan masing-masing.

"Terima kasih kepada rakyat Jabar yang telah memberikan hak suaranya di TPS, dan ikut mendukung Pilkada Jabar 2013 berlangsung dengan aman, lancar, kondusif, damai dan tidak terjadi sesuatu apapun," kata Heryawan.

Heryawan juga mengapresiasi kepada seluruh penyelenggara Pilkada Jabar, Polri dan TNI yang dengan segala kemampuan dan potensinya mengerahkan untuk berlangsungnya Pilkada Jabar yang aman dan nyaman.

Pewarta : Syarif Abdullah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024