Kolaka,  (ANTARA News) - Induk organisasi Pemuda KNPI Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar bakti sosial sunatan massal sebagai wujud program refleksi akhir tahun 2012.

Ketua KNPI Kolaka, Anis Pamma, di Kolaka, Minggu, mengatakan, baksos sunatan massal ini sebagai rangkaian kegiatan dalam berbagai program yang telah dilaksanakan.

"Selain sunatan massal, KNPI juga telah melakukan diskusi akhir tahun yang bertajuk bedah dan proyeksi APBD 2013, tournamen catur Pemuda dan pentas seni budaya," katanya.

Menurutnya kegiatan sunatan massal yang dilakukan oleh KNPI juga membantu warga yang tidak mampu yang berada disekitar sekeretariat dan juga warga masyarakat yang berada di kecamatan lainnya.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan sosial untuk membantu meringankan warga yang ingin anaknya dikhitan tanpa dipungut bayaran," ungkapnya.

Sementara itu, Yusran penanggung jawab kegiatan itu mengatakan hingga kini sekitar 50 anak-anak yang sudah di khitan dengan melibatkan 30 tenaga medis.

Tenaga medis ini diambil dari Rumah sakit dan Puskesmas serta dibantu beberapa asisten medis dari Akademi Perawat dan kebidanan," kata Kepala Puskesmas Latambaga.

Yusran juga mengatakan, target yang akan dikhitan berkisar 100 orang karena jumlah itu seiring dengan pasokan persediaan obat-obatan yang memang telah disiapkan.

"Intinya kegiatan ini untuk membantu meringankan beban warga," jelasnya.

Selain melakukan sunatan massal kata Yusran juga dilakukan pemeriksaan golongan darah bagi orang tua anak maupun warga lainnya dengan tidak memungut biaya.

"Selain warga yang ingin memeriksa golongan darah kami berharap juga kepada semua pengurus KNPI bisa ikut berpartisipasi," kata Yusran.(Ant).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024