Kolaka (ANTARA News) - PT. Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pengembangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra), menyalurkan dana program kemitraan bina lingkungan (PKBL) tahap kedua tahun 2012 kepada mitra binaannya sebesar Rp2,1 miliar.

Penyaluran dana PKBL tahap kedua kepada 64 mitra binaan itu diserahkan secara simbolis oleh Vice Presiden HR dan CSR PT. Antam (Persero) Tbk UBPN Sultra, Guntur Tjora di Pomalaa, sekitar 30 KM dari ibu kota Kabupaten Kolaka, Kamis.

Guntur mengatakan, PT Antam tahun ini akan meminjamkan dana PKBL kepada mitra binaan sebesar Rp.10,5 miliar, dana tersebut disalurkan dalam tiga tahapan.

Pada tahap pertama, kata dia, telah salurkan pinjaman kepada lebih dari 100 mitra binaan sebesar Rp2,4 miliar.

"Untuk tahap kedua ini kami menyalurkan dana PKBL sebesar Rp2,1 miliar untuk 64 mitra binaan dari 200 proposal yang diusulkan masyarakat," ujarnya.

Sedangkan tahap ketiga, kata Guntur, PT Antam mempersiapkan dana PKBL sebesar Rp6 miliar lebih.

Guntur mengharapkan para penerima dana PKBL itu agar dapat memanfaatkan dana pinjaman lunak itu sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha mitra binaan.

"Begitu juga dengan pengembalian dana tersebut diharapkan tepat waktu agar mitra binaan lainnya yang belum mendapatkan tahun ini bisa menikmatinya di tahun depan," ujarnya.

Menurut dia, penyaluran bantuan dana PKBL itu untuk meningkatkan usaha ekonomi masyarakat yang selama ini sulit untuk mendapatkan bantuan dari lembaga peminjam dana karena banyaknya persyaratan.

Sementara itu, Pelaksana Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kolaka, Harun mengatakan, banyak proposal dari mitra binaan yang mengajukan permintaan bantuan dana PKBL PT Antam melalui disperindag, sehingga jugaharus diverifikasi sangat ketat.

"Tim verifikasi ini harus mengevaluasi dan melihat pengembangan usaha ekonomi masyarakat karena jangan sampai setelah menerima dana bantuan itu, mitra binaan tidak bisa mengelola usahanya dengan baik sehingga berdampak pada pengembalian pinjaman itu," ujarnya.

Acara penyerahan bantuan dana PKBL itu, Guntur Tjora didampingi Manajer CSR dan PKBL PT Antam Jakarta, Agus dan Manajer CSR dan PKBL PT Antam UBPN Sultra, Delia, menyerahkan secara simbolis kepada dua orang perwakilan mitra binaan BUMn itu. (ANT).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024