Kolaka (ANTARA News) - Para karyawan PT. Antam (Persero) Tbk Unit Bisnis Pengembangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama mitra binaannya melakukan donor darah yang dilaksanakan di rumah sakit perusahaan milik negara itu.

"Selain karyawan perusahaan, kami melibatkan juga mitraan binaan PT Antam untuk mendonorkan darah guna membantu sesama yang membutuhkannya," kata Ketua Panitia Perlaksana Donor Darah, Hakim di sela-sela kegiatan sosial itu di Rumah Sakit PT Antam Pomalaa,  Kamis.

Menurut dia, kegiatan donor darah ini merupakan rutin setiap tiga bulan sekali dalam setahun dengan rangkaian kegiatan sosial lain seperti HUT PT. Antam, HUT Persatuan Wanita PT Aneka Tambang (PWAT) serta bulan bakti kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

"Dalam tiga bulan sekali pihak PT Antam melakukan donor darah dengan menghasilkan 150 kantong untuk sekali kegiatan tersebut," ujarnya, seraya menambahkan, kegiatan rutin itu dilaksanakan sejak tahun 2009.

Hakim menjelaskan, pelaksanaan donor darah ini bekerja sama dengan pihak Unit Transfusi Darah (UTD) Provinsi Sultra sebagai `bank` penyimpan darah, sementara di RS PT Antam belum memiliki tempat penyimpanan darah.

"Di RS Antam tidak memilik tempat penyimpanan darah, sehingga hasil dari donor darah langsung diserahkan ke UTD Provinsi Sultra karena mereka memiliki tempat penyimpanan darah yang memadai," ujarnya.

Dalam kegiatan donor darah itu, pihak PT Antam juga dibantu oleh petugas medis dari Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sultra.

Hakim menambahkan, selain kegiatan donor darah, pihak PT Antam juga telah melakukan kegiatan operasi katarak dan sunatan massal bagi warga masyarakat kurang mampu ekonominya yang bermukim di sekitar kawasan perusahaan pada sejumlah desa di Kecamatan Pomalaa.

"Semua ini dilakukan sebagai wujud kepedulian pihak perusahaan terhadap masyarakat dan dunia kesehatan," ujar Hakim. (ANT).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024