Kendari (ANTARA News) - Jajaran LPP-RRI Kendari dalam rangka kegiatan sosial melalui aksi 'Indonesia Berdonor' berhasil mengumpulkan sedikitnya 70 kantong darah.

"Kalau tahun lalu aksi donor darah RRI Kendari mengumpulkan 72 kantong, maka tahun ini sedikit turun dengan mengumpukan 70 kantong dari target 100 kantong," kata Kepala Seksi Pemberitaan LPP-RRI Kendari, Zakaria Sidik di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, bila dihitung peserta yang akan mendonorkan darah berjumlah 100 orang lebih, namun setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dari Palang Merah Indonesia (PMI) menyatakan bahwa ada beberapa peserta yang mau donor tidak diperkenankan untuk mendonor dengan alasan kurang sehat.

Menurut Jek panggilan akrab Zakaria Sidik itu mengatakan, kegiatan donor darah RRI Kendari itu dalam rangkaian Hari Radio ke-67 tahun 2012.

"Aksi ini dilaksanakan serentak di seluruh Stasiun RRI yang ada di Nusantara, dan RRI Kendari mempersiapkan berbagai kegiatan Indonesia Berdonor bekerja sama dengan PMI Kendari dan beberapa simpatisan dan komunitas pakuyuban RRI di berbagai kabupaten kota se-Sultra, ujarnya.

Peserta donor kali ini, kata Zakariah diikuti dari berbagai unsur instansi antara lain TNI/Polri, Satpol PP Provinsi Sultra, ormas termasuk beberapa orang karyawan RRI Kendari.

Kepala LPP-RRI Kendari Efendi Affati sebelumnya mengatakan, kalau saja setiap RRI di Indonesia berhasil mendapatkan 100 orang pendonor, maka akan terkumpul sedikitnya 1.750.000 CC kantong darah. Ini berarti bahwa kekurangan darah yang sering dialami PMI di daerah akan dapat terpenuhi walaupun tidak semuanya.

Untuk itu, pihak RRI Kendari sangat tersentuh dengan adanya kegiatan kemanusiaan seperti ini, karena dirinya juga pernah membutuhkan darah, bahkan menghabiskan 1.000 CC darah.

Salah seorang petugas medis dari PMI Kendari mengatakan, aksi donor darah angkaswan RRI Kendari sudah yang kesekian kalinya dan mendapat respon yang luar biasa baik dari masyarakat kota Kendari terlebih dari PMI.

"Tentu kita berterima kasih kepada RRI karena telah peduli menolong sesama melalui aksi donor darah ini, PMI menyadari bahwa tidak mudah menggalang aksi ini, apalagi aksi Indonesia Berdonor yang dilakukan RRI serentak di Indonesia," katanya. (ANT).

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024