Kolaka (ANTARA News) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kolaka, Ustaz Zakaria menilai pola kepemimpinan Buhari Matta yang selama memimpin Kolaka selama dua periode ini telah mengedepankan manajemen ilahi.

"Ini terlihat dengan dilaksanakannya program 'lautan zikir, di setiap sekolah dan instansi. Pelaksanaan program ini baru pertama kalai di Kolaka, bahkan di tingkat provinsi dan nasional," katanya ketika membawakan hikmah Ramadhan dalam rangkaian kegiatan safari Ramadhan yang dilaksanakan Pemkba Kolaka di Kecamatan Tirawuta.

Menurut Zakaria, setelah menelusuri secara saksama hasil program yang dilaksnakan oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka terlihat sangat manusiawi karena dilandasi dengan program lautan zikir.

"Alhamdulliah saat masyarakat Kolaka merasakan hasil pembangunan  yang dikenal dengan Program Gerbangmastra, sehingga Insya Allah kita doakan bersama semoga ke depan bisa terwujud suatu program  'Sultra Emas', atau 'Sultra Lautan Zikir'," ujarnya.

Sebelumnya Bupati Kolaka Buhari Matta secara pribadi dan atas nama pemerintah mengucapkan selamat melaksanakan ibadah puasa kepada segenap umat Islam di Kolaka.

"Saya sangat bersyukur karena di malam Ramadhan ini, masjid ini masih dipenuhi jamaah dan lebih menggembirakan lagi jamaah wanita lebih banyak ketimbang pria. Ini membuktikan ada kemajuan karena wanita adalah tiang negara," katanya.

Selain bersilaturahmi kepada masyarakat, Buhari juga menemukakan, kegiatan safari Ramadhan ini untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan dan berbagai program pemerintah baik yang sudah maupun yang sedang terlaksan.

"Kondisi perkembangan pembangunan sekarang terjadi banyak perubahan dan kemajuan dibanding dengan kondisi beberapa tahun yang lalu di Kolaka," ujarnya.

Buhari menjelaskan, keberhasilan pembangunan yang digalakkan Pemerintah Kabupaten Kolaka ini tidak terlepas dari rasa kebersamaan bersama masyarakat yang selama ini terjalin, begitu juga dengan pihak perusahaan dan stakeholder lainnya yang serius membantu pemerintah dalam melaksanakan program yang menyentuh langsung dengan kebutuhan masyarakat.

"Namun semua ini tidak membuat kita harus terlena, tapi kita tetap jadikan motivasi agar ke depan bisa lebih giat lagi dalam menjaga dan meningkatkan segala hal," ujarnya. (ANT).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024