Wangiwangi ( ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) siap menyambut para peserta "yacht rally` Sail Morotai 2012 yang akan singgah di kabupaten tersebut.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah acara untuk menyambut para peserta rally Sail Morotai 2012 yang akan singgah di Wakatobi," kata Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Wakatobi Tawakal di Wangiwangi, Minggu.

Beberapa acara yang disiapkan menyambut para peserta rally Sail Morotai tersebut antara lain "kabuenga" dan "kande-kandea".

"Kubuenga" merupakan tradisi masyarakat Wakatobi yang digelar pada setiap selesai hari-hari besar keagamaan, terutama setelah Lebaran Idul Fitri.

Dalam tananan masyarakat Wakatobi, kata dia, acara tradisi kabuenga sebagai ajang kaum muda mudi mencari jodoh.

"Biasanya, setelah mengikuti tradisi kabuenga atau ayunan, kaum muda mudi Wakatobi segera mendapatkan jodoh," katanya.

Sedangkan kande-kandea, kata Tawakal, merupakan tradisi masyarakat Wakatobi menjamu tamu-tamu kehormatan dengan menyuguhkan makanan tradisional khas daerah Wakatobi.

Pada acara tersebut, kata dia, para tamu kehormatan dijamu oleh ibu-ibu atau gadis-gadis cantik makan makanan yang disuguhkan dengan cara lesehan atau duduk bersila di lapangan terbuka.

"Tradisi `kande-kandea` di Wakatobi, sama persis dengan tradisi `kande-kandea` di Buton, karena memang daerah ini pernah menjadi bagian dari wilayah kesulutanan Buton. `Kande-kandea dalam bahasa Buton, artinya makan-makan," katanya.

Menurut Tawakal, peserta kande-kandea yang akan menjamu makan para peserta rally Morotai tersebut, datang dari delapan kecamatan se-Kabupaten Wakatobi.

Masing-masing kecamatan kata dia, akan menyajikan menu makanan khas daerah masing-masing, sehingga setiap peserta rally bisa memilih menu makanan dari berbagai kecamatan sesuai selera.

"Pokoknya, kami sudah siap menyambut peserta Sail Morotai yang akan singgah di Wakatobi ini," katanya. (ANT).

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024