Kolaka (ANTARA News) - Menjelang bulan Ramadhan 1433 Hijriah, harga daging di Pasar Raya Mekongga Kabupaten kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengalami kenaikan hingga 10 persen dalam sepekan terakhir ini.

Haji Hamzah, salah seorang pedagang daging di pasar itu, Rabu mengatakan, saat ini harga daging sapi mengalami kenaikan hingga 10 persen, dari sekitar Rp65 ribu - Rp75 ribu per kilogram menjadi Rp85 ribu per kilogram.

Menurut dia, kenaikan harga daging tersebut dipicu karena kurangnya stok ternak sapi yang disiapkan oleh Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kolaka, sehingga sebagian pedagang membeli daging sapi dari luar Kolaka.

Pihak Rumah Pemotongan Hewan Kolaka saat ini hanya menyiapkan sekitar 4-5 ekor sapi tiap hari dari sebelumnya 5-6 ekor per hari.

"Para konsumen mengeluh dengan kenaikan harga daging sapi, apalagi menjelang bulan puasa tahun ini, namun mereka pasrah saja tetap membeli meskpiun harganya mahal," ujarnya.

Para pedagang juga berharap agar sebelum lebaran nantinya pihak pemerintah daerah setempat bisa menyiapkan stok ternak sapi yang cukup untuk bisa menekan harga daging saat ini

Selain kenaikan harga daging, beberapa kebutuhan sembilan bahan pokok(sembako) di Pasar Raya Mekongga mengalami kenaikan harga seperti gula pasir dari Rp465 ribu per zak menjadi Rp700 ribu per zak. (ANT).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024