Kolaka (ANTARA News) - Menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1433 Hijriah, koondisi keteresdiaan stok beras di Gudang Bulog Kolaka masih aman untuk empat bulan ke depan.

Kepala Perum Bulog Kolaka, Muhtar Sahibe di Kolaka, Jumat mengatakan, hingga saat ini pihaknya sedang melakukan penyerapan pengadaan beras dari produksi petani.

"Kalau menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri mendatang, kondisi stok beras di daerah ini masih aman," katanya.

Menurut Muhtar, penyerapan beras yang dilakukan oleh pihak bulog melalui mitra kerja di beberapa penggilingan padi milik warga dilakukan sejak Januari hingga Juli 2012 telah mencapai sekitar 2.447 ton atau 97,89 persen dari prognosa periode tersebut sebesar 2.500 ton.

Ia menjelaskan, dari target prognosa tahunan 2012 sebesar 5.000 ton dan kini telah mencapai sekitar 48,95 persen. Diperkirakan sampai akhir tahun ini bisa tercapai target itu karena saat ini distribusi beras terus masuk ke gudang Bulog.

"Kami bisa pastikan kebutuhan beras untuk Kolaka saat ini masih aman," ujarnya.

Ketersediaan stok beras itu selain untuk kebutuhan penyaluran beras untuk rakyat miskin (Raskin), juga untuk melayani kebutuhan golongan anggaran dan cadangan beras pemerintah untuk persiapan bencana alam dan opersi pasar.

"Beras yang tersimpan di gudang saat ini berkualitas sangat baik dan secara rutin dilakukan pemantauan dan perawatan oleh aparat gudang bersama petugas perawat kualitas," ujar Muhtar. (ANT).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024