Kolaka (ANTARA News) – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kabupaten melaksanakan wisuda sarajan angkatan VI tahun 2011-2012 sebanyak 681 orang lulusan sarjana dari berbagai disiplin yang ada di perguruan tinggi swasta itu.
 
Kegiatan wisuda melalui rapat senat USN Kolaka, Rabu, selain dihadiri Bupati
Kolaka,  Buhari Matta, juga Ketua Komisi Sainstek Dirjen Dikti Bagian Konsultan Penegerian Perguruan Tinggi Negeri Baru yang juga mantan Rektor ITB Bandung Prof.Dr.Ir. Lilik Hendrajaya,MSc sekaligus menyampaikan orasi ilmiah.
 
Turut hadir juga Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir, Sekretaris Kopertis wilayah IX,  Ibrahim, Wakil Ketua DPRD Kolaka Tajuddin M, dan Muspida serta pejabat
lingkup Pemkab Kolaka dan Kolaka Utara, serta kalangan masyarakat pendamping wisudawan/wisudawati.
 
Rektor USN Kolaka,  Dr. Azhari dalam sambutannya mengatakan, USN yang berdiri pada 8 Juni 2005, merupakan perubahan dari STKIP 19 November yang berdiri tahun 1984 di bawah naungan Yayasan YAPPIKA  dan mendapat dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Kolaka.
 
Pelaksanaan wisuda angkatan VI tahun ini sebanyak 681 orang yang tersebar di FKIP sebanyak 331 orang, FISIP 119 orang, Faperta 78 orang, Fakultas Hukum 68
orang, Fakultas Teknik Informatika 20 orang dan Fakultas Teknik 16 orang.
 
“Hingga saat jumlah alumni lulusan USN Kolaka mulai angkatan pertama hingga keempat tercatat 2.755 orang," katanya.
 
USN Kolaka saat ini memiliki sumber daya manusia, khususnya tenaga pengajar yang terdiri dari tiga orang doktor, dan 30 orang magister. Saat ini juga ada empat empat orang dosen sedang menjalankan studi program doktoral dan 55 orang program magister.
 
Sementara itu Sekretaris Koordinator Kopertis Wilayah IX, Ibrahim mengatakan, USN telah memberikan kontribusi SDM untuk Kabupaten Kolaka dan Kolakan Utara,
apalagi dengan jumlah wisuda 681 cukup besar dibandingkan wisuda
sebelumnya.
 
"Kami juga menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih USN dan merasa bangga dengan pembenahan SDM, sarana dan prasarana, serta mutu pendidikan," ujarnya.
 
Sementara Bupati Kolaka, Buhari Matta menyampaikan, saat ini Kolaka diberikan hidayah, karena mimpi-mimpi yang terwujud setelah tujuh tahun yang lalu  menugaskan pimpinan perguruan tinggi ini untuk pengusulan STIKIP menjadi universitas.
 
“Kami berharap USN mampu menjalankan tri darma perguruan tinggi,
apalagi koordinator kopertis wilayah IX mengatakan bahwa USN masuk 10 besar
perguruan tinggi yang sehat dan memiliki daya saing tinggi di wilayah
kopertis ini." katanya.
   Buhari juga berharap kepada wisudawan/wisudawati untuk tidak berhenti belajar karena ke depan tantangan yang dihadapi semakin besar, apalagi
di Kolaka banyak peluang usaha untuk dikembangkan dan jangan selalu
berpikir menjadi pegawai negeri.
 
"Terkhusus kepada orang tua wisudawan kami ucapkan selamat karena telah
mendidik putra-putrinya yang hari ini dikukuhkan menjadi sarjana dan akan
berperan aktif dalam pembangunan di Sultra, khususnya di Kolaka," ujar Buhari.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024