Kendari (ANTARA News) - Wali Kota Kendari, Asrun mengatakan, keberadaan komite sekolah memiliki peran penting dalam hal pengembangan pendidikan di sekolah tersebut.

"Begitu besarnya peran komite sekolah dalam dunia pendidikan, sehinga sangat diperlukan adanya kerja sama yang harmonis dengan pihak sekolah sebagai pelaksana kebijakan," kata Asrun saat membuka seminar pendidikan yang digelar Komite Sekolah SMP Negeri 17 Kendari, Rabu.

Ia mengatakan, kerja sama harmonis yang dibangun tersebut dapat mewujudkan adanya saling pengertian tentang arti pentingnya kemajuan pendidikan.
 
Menurut Asrun, jika hubungan itu terus dikembangkan, maka secara langsung masyarakat yang tergabung dalam wadah komite sekolah akan menjadi potensi besar dalam mendukung program pemerintah untuk bidang pendidikan.

"Bentuk partisipasi masyarakat dalam pendidikan dituangkan dalam wadah komite sekolah yang diharapkan agar adanya suatu organisasi masyarakat di sekolah yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas sekolah," katanya.

Ia menjelaskan, membangun pendidikan ke arah lebih baik tidaklah semudah membangun sebuah bangunan, walaupun melalui perencanaan matang, sebab mewujudkan pendidikan yang baik bukan hanya persoalan sarana, tetapi jauh lebih kompleks pada segudang tantangan.
 
"Tetapi kendala dan hambatan yang timbul, janganlah menjadi penghalang tanpa adanya upaya, dan jangan pula menjadi faktor penurunan kinerja, akan tetapi dijadikan motivasi untuk berinovasi dalam berkarya," katanya.

Pada kesempatan itu, wali Kota Kendari menyerahkan bantuan paket kepada 17 siswa SMP 17 Kendari dari kalangan keluarga tidak mampu secara ekonomi. (Ant).


Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024