Rumbia (ANTARA News) - Bupati Bombana minta Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri (FKPPI) untuk berpartisipasi mendukung program "Gerakan Membangun Bombana Dengan Ridha Allah (Gembira)".

"FKPPI merupakan organisasi yang memiliki keanggotan dari berbagai elemen masyarakat, sehingga sangat tepat bermitra dengan pemerintah guna menyukseskan pembangunan di daerah ini," kata Bupati Bombana, Tafdil, pada pengukuhan pengurus Ormas FKPPI dan GM FKPPI periode 2012-2016 di Rumbia, Sabtu malam.

Program Gembira, kata Tafdil, merupakan program unggulan daerah ini dalam rangka percepatan pembangunan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2012-2016.

"RPJMD Bombana itu akan teralisasi bila mendapatkan dukungan sepenuhnya dari semua pihak, termasuk FKPPI yang di dalamnya terdapat pengurus dari kalangan pejabat pemerintah, organisasi kepemudaan dan unsur politisi," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bombana melaui pendekatan program Gembira antara lain menyangkut program penyaluran bantuan dana senilai Rp350 juta setiap desa/kelurahan, dan bantuan dana Rp1 miliar setiap kecamatan dan senilai Rp20 miliar untuk ibu kota kabupaten itu.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah FKPPI Sultra, Yusrianto mengatakan, FKPPI memiliki peran penting dalam menyukseskan program pembangunan, sesuai dalam visi dan misi organisasi tersebut.

"Salah satu peran FKPPI dalam upaya menyukseskan program pembangunan adalah menciptakan sumber daya manusia yang tangguh dan berkualitas melalui sistem pengkaderan," katanya.

Menurut Yusrianto, pengkaderan ini akan menumbuhkembangkan rasa memiliki bagi para pengurus dan anggota, sehingga tercapai kemapanan dedikasi, loyalitas dan kualitas, sehingga dapat mengabdikan diri bagi daerah, bangsa dan negara.

Hal senada disampaikan Ketua Pengurus Cabang 2107 FKPPI Kabupaten Bombana, Andi Nirwana bahwa selaras dengan visi dan misi organisasi ini, yakni selain secara internal harus menjadi pemersatu putra-putri keluarga besar TNI-Polri, juga beraktivitas menyuarakan kepentingan anggota dan masyarakat pada umumnya.

"Secara eksternal, FKPPI dapat menempatkan diri sebagai mediator, komunikator, motivator dan dinamisator di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," katanya.

Andi Nirwana berjanji akan membawa roda organisasinya bersinergis dengan pemerintah daerah, terutama dalam mengawal program pembangunan yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Sinergitas ini bisa diwujudkan dalam bentuk kegiatan peduli sosial dengan memberikan pemahaman kepada kalangan FKPPI khususnya, dan masyarakat umum tentang pentingnya pereratan tali persaudaraan dalam konteks kebhinekaan," katanya.

FKPPI, kata dia, selalu tetap bersatu, kapan dan di mana pun, serta tidak diperbolehkan melenceng dari garis perjuangan TNI-Polri.

"Harus disadari bahwa keluarga besar FKPPI dan generasi muda FKPPI merupakan organisasi denyut nadi TNI-Polri," katanya.(Ant).

Pewarta : Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024