Wang-wangi (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), masih memprioritaskan pembangunan pada dua sektor yakni, sektor Perikanan dan sektor Pariwisata.

"Semua program pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2012, diarahkan untuk mendukung pengembangan kedua sektor itu," kata Bupati Wakatobi, Hugua di Wangi-wangi, Minggu.

Ia memberi contoh pembangunan infrastruktur jalan atau transportasi, akan diarahkan untuk memperlancar para wisatawan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Wakatobi.

Selain itu kata dia, juga untuk memudahkan hasil-hasil produksi perikanan masyarakat Wakatobi seperti ikan segar, produksi rumput laut dan sebagainya, diangkut ke luar Wakatobi ke daerah-daerah pemasaran.

"Kalau infrastruktur yang mendukung pengembangan kedua sektor itu sudah terbangun dengan baik, maka tingkat kesejahteraan masyarakat Wakatobi akan segera membaik," katanya.

Ia mengatakan alokasi anggaran pada sektor Pariwisata kurang lebih Rp5 miliar untuk membiayai usaha industri ekonomi kreatif masyarakat, terutama pembinaan keterampilan bagi para perajin agar bisa menghasilkan kerajinan berkualitas dan bernilai jual tinggi.

"Produk-produk dari industri ekonomi kreatif ini sangat diperlukan dalam mendukung pengembangan industri Pariwisata, sebab sebagai daerah tujuan wisata dunia, ketersedian produk kerajinan tersebut sangat dibutuhkan para wisatawan," katanya.

Selain itu kata dia juga untuk membiayai kegiatan promosi Pariwisata Wakatobi ke berbagai negara, terutama negara Australia dan negara-negara di kawasan Asia Pasifik.

"Australia dan negara-negara di kawasan Asia Pasifik menjadi sasaran promosi Pariwisata Wakatobi, karena wisatawan mancanegara dari dua kawasan itu, belum banyak yang berkunjung ke Wakatobi," katanya.

Sedangkan dana untuk sektor Perikanan dan Kelautan sebesar kurang lebih Rp10 miliar, kata dia, akan membiayai sarana produksi perikanan seperti kapal tangkap ikan dan sarana budidaya rumput laut seperti rakit bambu, tali, jangkar dan pengadaan bibit.

"Masyarakat Wakatobi yang mengantungkan hidup dari usaha bidang perikanan ini mencapai 65 persen dari total penduduk Wakatobi yang berjumlah sekitar 111.000 jiwa," katanya.(Ant).

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024