Kendari (ANTARA News) - Wali Kota Kendari, Asrun, Senin, menyerahkan sebanyak 11 unit mesin ketinting kapasitas 5,5 PK kepada 11 kelompok nelayan di daerah itu.

Wali Kota Kendari mengatakan, pemberian bantuan sarana perikanan seperti itu semata-mata untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada masyarakat nelayan dalam meningkatkan produksi dan produktivitas usahanya.

"Melalui pengembangan kegiatan perekonomian masyarakat yang berbasis pada sumber daya lokal, baik masyarakat maupun sumber daya alamnya, para nelayan dapat mengembangkan usahanya sesuai kemampuan dan kebutuhannya," kata Asrun usai penyerahan bantuan mesin katinting itu.

Ia mengatakan, dengan cara seperti itu maka dapat menciptakan lapangan kerja serta mendorong pertumbuhan ekonomi daerah khususnya di kalangan masyarakat nelayan.

Menurutnya, bantuan mesin ketinting yang diberikan ini bertujuan membantu kelompok masyarakat nelayan dalam meningkatkan produksinya sehingga anggota kelompoknya bisa lebih sejahtera.

"Hal seperti inilah yang kita bisa berikan kepada nelayan sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan," katanya.

Asrun berharap, bantuan seperti itu bisa digunakan sebaik-baiknya, jangan sampai ada yang memindahtangankan kepada orang lain.

"Kita inginkan kelompok nelayan penerima bantuan seperti ini bisa ikut bertanggung jawab untuk memeliharanya dan memanfaatkan sebagaimana peruntukan, sehingga tujuan dari bantuan itu bisa tercapai," ujarnya.

Adapun kelompok nelayan penerima bantuan mesin ketinting tersebut adalah Kelompok Trans Nelayan dari Kelurahan Lapulu, Kelompok Kerapu dan Kelompok Mitra Bahari dari Kelurahan Bungkutoko, Kelompok Bintang Harapan dan Kelompok Beronang dari Kelurahan Sambuli.

Selanjutnya kelompok Bahari dan Kelompok Surya dari Kelurahan Kendari Caddi, Kelompok Bahari Jaya dan kelompok Napoleon dari Kelruahan Kessilampe dan Kelompok Mentari dua unit dari Kelurahan Purirano.

"Bantuan mesin ketinting kepada kelompok nelayan tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Kendari tahun 2011," katanya. (Ant).

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024