Manado  (ANTARA News) - Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Sinyo H Sarundajang mengingatkan syahbandar agar memperhatikan perubahan cuaca yang kadang memburuk.

"Cuaca sekarang sering berubah-ubah. Bila cuaca buruk dan gelombang cukup tinggi, kapal-kapal penumpang yang melayani antarpulau harus waspada. Peran aktif dari syahbandar sangat diharapkan," kata Sarundajang di Manado, Senin.

Sarundajang mewanti-wanti syahbandar tidak memberangkatkan kapal melakukan pelayaran apabila melebihi kapasitas kemampuan kapal karena membahayakan pelayaran.

"Kalau ada syahbandar yang membolehkan kapal berlayar melebihi kapasitas, akan kita tindak," tegasnya.

Selain syahbandar, Sarundajang juga berharap operator kapal memPerhatikan kelayakan kapal pada saat akan melaut sehingga penumpang yang melakukan pelayaran merasa nyaman.

"Tinggi gelombang laut mulai naik dan kelayakan kapal harus menjadi perhatian utama. Banyak warga Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud akan menggunakan jasa kapal laut menjelang hari raya natal dan tahun baru," katanya.

Sementara itu, kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Provinsi Sulawesi Utara, Parlindungan Tampubolon, informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut harus menjadi referensi syahbandar dalam memutuskan sebuah kapal  melakukan pelayaran.

"Biasanya kalau informasi BMKG, laut bergelombang cukup tinggi dan membahayakan pelayaran, syahbandar tidak akan memberikan izin melakukan pelayaran," katanya.

Karena itu, kata Tampubolon, semua pemangku kepentingan yang berkaitan dengan transportasi akan duduk bersama membahas kondisi cuaca ekstrim yang dapat membahayakan keselamatan transportasi darat, laut dan udara.

"Pihak terkait seperti Dinas Perhubungan kabupaten dan kota, Administrator Pelabuhan, Kantor Pelabuhan, Angkasa Pura dan Perum Damri akan bertemu untuk membahas keselamatan transportasi," katanya.

Tampubolon juga berharap operator transportasi darat, laut dan udara tidak memberikan izin bila kondisi cuaca membahayakan keselamatan penumpang.

"Kita inginkan ketika penumpang melakukan pelayaran, penerbangan atau melakukan perjalanan darat, semua dalam keadaan baik, aman dan nyaman. Jangan dipaksakan bila cuaca tidak memungkinkan," katanya. (Ant)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024