Kendari (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam menyerahkan dana bantuan penguatan modal pertanian kepada kelompok tani di Kecamatan Tongauna Kabupaten Konawe sebesar Rp150 juta yang bersumber dari Badan Ketahanan Pangan.

Kepala Biro Humas Setda Sultra, Aksioma Boonde, di Kendari, Jumat mengatakan, selain menyerahkan bantuan penguatan modal pertanian tersebut, Nur Alam juga memberikan bantuan pribadi sebesar Rp50 juta untuk pengembangan fasilitas Desa Puundombi Kecamatan Tongauna.

"Kehadiran Gubernur di Kecamatan Tongauna Kabupaten Konawe itu, untuk menghadiri pengobatan gratis, dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-47," katanya.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan yang diberikan dalam pengobatan gratis itu adalah pelayanan pemberian pil KB, pengobatan massal dan khitanan massal 135 orang anak.

"Kemudian ada pemeriksaan ibu hamil, pemberian makanan tambahan atau makanan pendamping (MP) ASI, pemeriksaan gula darah, golongan darah dan pemeriksaan osteoporosis," katanya.

Dalam pelayanan KB tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sultra mengoperasikan mobil unit pelayanan KB.

Dalam kesempatan itu, kata Aksioma, Gubernur mengakui kalau Kabupaten Konawe adalah salah satu daerah pusat lumbung pangan di Sultra.

Untuk itu, pihaknya mendorong peningkatan produktivitas pangan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat di kota khususnya dan Sultra pada umumnya.

"Saya sangat bahagia melihat kekompakan aparatur dan masyarakat dalam melakukan pengobatan gratis," kata Nur Alam.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Bupati Kabupaten Konawe, Lukman Abunawas dan kepala Dinkes Sultra Amin Yohanes serta sejumlah pimpinan SKPD lingkup Pemprov Sultra dan lingkup Pemda Konawe. (Ant).

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024