Wapres resmikan pameran energi baru terbarukan terbesar di Indonesia

Wapres resmikan pameran energi baru terbarukan terbesar di Indonesia

Wapres Jusuf Kalla menyampaikan sambutannya pada pembukaan 7th Indo EBTKE ConEx 2018 di Jakarta, Rabu

Jakarta (Antara News) -- Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka secara resmi pameran energi baru terbarukan (EBT), "7th IndoEBTKE ConEx 2018" yang digelar pada tanggal 29 Agustus - 31 Agustus 2018 di Balai Kartini.

Acara ini merupakan agenda tahunan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) yang didukung oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Dalam sambutannya, Wakil Presiden menjelaskan acara ini sejalan dengan upaya Pemerintah untuk mengembangkan dan memanfaatkan energi baru terbarukan sebagai sumber energi bersih masa depan serta senada dengan upaya perwujudan Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

"Kebutuhan energi meningkat kira-kira 12 persen tiap tahun. Kebutuhan energi adalah sebuah keniscayaan yang tidak pernah berhenti. Setiap kemajuan tidak mungkin tanpa energi," kata Wakil Presiden.

Ke depan, Kalla berharap Pemerintah akan segera mencari terobosan baru untuk menciptakan energi bersih, berkelanjutan, memiliki harga terjangkau sehingga menarik minat para investor untuk menanamkan modal di sektor Energi Baru Terbarukan. "Terobosan yang ingin dicapai agar mempunyai energi yang bersih, sustainable dan konstan harganya," harap Kalla.

Senada dengan Wapres, Menteri ESDM Ignasius Jonan menyampaikan bahwa sesuai dengan komitmen Indonesia pada COP 21 di Paris tahun 2015 mengenai penurunan emisi karbon, pengembangan energi baru terbarukan harus didorong dan dipercepat. Oleh karenanya, Kementerian ESDM terus bekerja keras untuk merealisasikan strategi percepatan pengembangan EBT, salah satunya melalui perluasan pencampuran Biodiesel dalam BBM sebesar 20% untuk sektor transportasi.

"Sampai hari ini di sektor ketenagalistrikan, EBT menyumbang 12,7% dalam bauran energi. Sektor transportasi sesuai arahan Bapak Presiden dan Wakil Presiden, perluasan B20 akan berlaku secara efektif mulai tanggal 1 September 2018 untuk sektor transportasi dan BBM, sehingga bauran EBT bisa menjadi 15%," kata Jonan.

Lebih lanjut, Pemerintah mengharapkan acara ini mampu menghasilkan masukan sekaligus terobosan-terobosan baru yang mendukung program dan kebijakan pemerintah dalam mempercepat pengembangan EBT. "Makin lama, makin baik. Diskusinya sedikit, eksekusinya cepat," pungkasnya.
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024