SehatQ Luncurkan Aplikasi Konsultasi Dokter Bantu Pengguna Hidup Sehat

SehatQ Luncurkan Aplikasi Konsultasi Dokter Bantu Pengguna Hidup Sehat

Tampilan layanan startup SehatQ. (Instagram/SehatQ_id)

Jakarta (ANTARANews) - Kurang dari setahun setelah meluncurkan situs webnya, startup di bidang kesehatan SehatQ meluncurkan aplikasi untuk memudahkan penggunanya menjaga kesehatan. Aplikasi SehatQ hadir dengan dua fitur utama yakni Chat Dokter dan Booking Dokter, serta tersedia dalam dua versi, Android dan iOS.

"SehatQ menawarkan konsep Sehat dalam Genggaman - apapun kebutuhan kesehatan pengguna dapat diakses melalui satu aplikasi. Dimulai dari pencarian informasi kesehatan, chat dengan dokter, hingga layanan booking dokter jika akan berobat ke rumah sakit atau klinik," kata Founder dan CEO SehatQ Linda Wijaya.

Melalui fitur Chat Dokter, pengguna dapat berkonsultasi secara realtime dengan tim dokter SehatQ yang berpengalaman. Berbeda dengan aplikasi lainnya, SehatQ hadir bukan hanya untuk membantu mengatasi keluhan kesehatan, namun untuk mendampingi pengguna menerapkan gaya hidup sehat.

Sementara itu pada fitur Booking Dokter, pengguna dapat memilih dan memesan jadwal kunjungan ke lebih dari 8.000 dokter yang terdaftar dalam direktori SehatQ. "Bagi rumah sakit dan klinik, fitur ini membantu penjadwalan pasien rawat jalan sehingga layanan untuk pasien lebih baik dan efisien," kata Linda.

Topik-topik teratas dalam fitur Chat Dokter SehatQ

Sebelumnya, Chat Dokter SehatQ tersedia di website dengan fitur yang lebih terbatas. Data pengguna sepanjang Juni-September 2019 menggambarkan bahwa mayoritas penggunanya memanfaatkan layanan untuk berkonsultasi tentang keluhan-keluhan ringan dan cara mengatasinya. Meski demikian, kelompok pengguna lain, yaitu sebanyak 36%, membutuhkan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter.

"Jadi, fitur Chat Dokter SehatQ tidak menggantikan peran fasilitas kesehatan, melainkan mengarahkan pengguna mengambil keputusan yang terbaik untuk kesehatannya," ujar Linda.

Berikut ini lima topik yang paling banyak didiskusikan dengan dokter, melalui layanan Chat Dokter SehatQ.

1.Kesehatan kulit (jerawat, bisul, gatal-gatal)
2.Seks dan kesehatan organ reproduksi
3.Gangguan pencernaan
4.Gangguan pernapasan (batuk, flu, infeksi saluran pernapasan atas/ISPA)
5.Kesehatan mental (stres, kecemasan)
Pengguna manfaatkan fitur Chat Dokter SehatQ untuk kebutuhan ini

Setiap pengguna tentunya memiliki tujuan tersendiri ketika mengakses fitur Chat Dokter SehatQ. Namun secara garis besar, para pengguna ingin berdiskusi dengan dokter melalui fitur tersebut untuk tiga tujuan berikut ini.

-Berkonsultasi dengan dokter:
Mencari tahu tentang gangguan kesehatan yang dialami, penyebabnya pencegahannya, atau tips hidup sehat

-Mencari informasi tentang obat:
Mencari informasi tentang obat yang digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang dialami

-Bertanya tentang gejala tertentu:
Mencari tahu tentang arti dan gejala tertentu yang dialami

Di luar tiga hal tersebut, sejumlah pengguna pun menggunakan fitur Chat Dokter SehatQ untuk meminta rujukan dokter spesialis yang tepat untuk kondisinya, atau meminta bantuan menjelaskan hasil tes laboratorium, seperti kadar gula darah dan level kolesterol.

Profil pengguna fitur Chat Dokter SehatQ Para pengguna Chat Dokter SehatQ datang dari berbagai usia dan lokasi. Berikut ini profil pengguna Chat Dokter SehatQ, sepanjang Juni-September 2019.

Jenis kelamin:
-Pria: 40%
-Wanita: 60%
Usia:
-18-35 tahun: 77%
-36-53 tahun: 10%
-Lainnya: 13%

Lokasi:
-Jawa Barat: 25%
-Jakarta: 14%
-Jawa Timur: 11%
-Sumatra Utara: 5%
-Lainnya: 45%

"Berdasarkan temuan-temuan di atas, SehatQ berharap dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan menawarkan layanan yang lebih baik ke depannya melalui fitur-fitur yang lebih beragam," kata Linda. Ia menjelaskan, SehatQ pun terus memperlebar jaringan mitra layanan kesehatannya, dari yang saat ini berjumlah lebih dari 2.000 dokter di hampir 300 fasilitas.

Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024