Kloter terakhir yakni Kloter 40 dijadwalkan berangkat pada 4 Agustus, sehingga rangkaian pemberangkatan JCH Embarkasi Makassar pun berakhir
Makassar (ANTARA) - Embarkasi Makassar sudah memberangkatkan sebanyak 15.411 Calon Haji (Calhaj) yang tergabung dalam 34 kelompok terbang (Kloter) dari total 40 Kloter yang diberangkatkan pada musim haji 2019.

"Berdasarkan data TPIH Embarkasi Makassar hingga kloter 34 sudah sebanyak 15.411 Calhaj yang diberangkatkan ke tanah suci," kata Kakanwil Kemenag Sulsel H Anwar Abubakar di Makassar, Kamis (1/8).

Dari total  jamaah calon haji (JCH) yang sudah diberangkatkan itu, sebanyak 5.742 orang laki-laki dan sisanya yakni 9.669 orang perempuan. Khusus Kloter 34 yang merupakan gabungan JCH asal Makassar, Maros dan Gorontalo itu telah diberangkatkan pada Rabu (31/7) sekitar pukul 18.41 Wita ke tanah suci Mekkah.

Baca juga: Bupati lepas rombongan jamaah calon haji terakhir dari Karawang

Sementara JCH asal Makassar dan Luwu Timur yang tergabung dalam Kloter 37 masuk Asrama Haji Sudiang, Makassar, sekitar 08.00 Wita hari ini dan dijadwalkan berangkat pada Jumat (2/8) sekitar pukul 07.20 menuju Bandara King Abdul Azis, Jeddah di Mekkah.

"Kloter terakhir yakni Kloter 40 dijadwalkan berangkat pada 4 Agustus, sehingga rangkaian pemberangkatan JCH Embarkasi Makassar pun berakhir," kata Anwar.

Menurut dia, dari JCH Embarkasi Makassar terdapat kloter yang nanti dua kali mengunjungi Madinah. Berkaitan dengan hal tersebut, diimbau pada JCH untuk senantiasa menjaga kesehatan.

"Hal itu terutama menghadapi ibadah haji yang tentunya membutuhkan fisik yang prima agar ibadahnya lancar," ujarnya.

Pentingnya hal itu mengingat sebagian besar JCH Embarkasi Makassar sudah berusia lanjut dan masuk kategori risiko tinggi.

Baca juga: Bupati Barito Utara lepas 127 calon haji
Baca juga: Bupati Lebak minta gubernur tambah kuota haji

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019