Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, meminta seluruh kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan di tiap provinsi untuk memprioritaskan dan mewaspadai ancaman terhadap ideologi negara, Pancasila.

"Terdapat tiga ancaman negara, yakni ancaman nyata, belum nyata, dan ancaman 'mindset', mengubah ideologi," kata dia, pada Pengarahan dan Pembekalan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan, di Jakarta, Senin.

Dalam pengarahannya, dia menekankan Pancasila merupakan landasan fundamental kekuatan pemersatu bangsa, guna menjaga NKRI dari berbagai tantangan dan ancaman yang masih akan terus berlangsung.

Ancaman mindset atau ideologi, lanjut dia, dapat disebarkan melalui lingkup kecil akademik seperti sekolah maupun universitas. "Maka dari itu, diperlukan adanya suatu konsep penanaman wawasan kebangsaan yang kuat dan final kepada seluruh rakyat Indonesia agar tidak mudah terpengaruhi atau terprovokasi," kata dia.

Untuk itu, dia menekankan kepada para kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan seluruh Indonesia yang hadir untuk mengerti dan memahami tugas pokoknya, serta membangun sinergi yang kokoh dan harmonis dengan aparat pemerintah daerah, Kodam, dan aparat keamanan lainnya.

Selain jajaran pejabat kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan, pengarahan itu turut dihadiri pejabat perwakilan dari TNI dan pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian Pertahanan.

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019