Selain melakukan patroli sahur, Polres Madiun Kota juga membagikan takjil kepada masyarakat yang melintas di depan masjid
Madiun (ANTARA) - Aparat Polres Madiun Kota melaksanakan patroli untuk gugah (membangunkan orang tidur) sahur, sekaligus  untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Madiun, Jawa Timur selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

Kegiatan patroli gugah sahur di antaranya dilakukan di wilayah Polsek Jiwan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Jiwan AKP Eko bersama jajarannya.

"Kegiatan patroli sahur ini dalam rangka mendekatkan diri Polsek Jiwan dengan warga untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di masyarakat selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah," kata AKP Eko di Madiun, Minggu.

Menurut dia, dengan patroli sahur, selain dekat dengan warga, aparat kepolisian juga mengetahui berbagai macam informasi yang beredar di masyarakat.

Adapun patroli gugah sahur dilakukan dengan bergabung bersama warga di pos keamanan lingkungan (poskamling) secara bergiliran. Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Jiwan di Poskamling RT 25/RW 07 di Desa Wayut, Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.

Selain menyerap informasi dan sambung rasa dengan warga, dalam patroli gugah sahur tersebut juga diberikan bantuan dari Polsek Jiwan berupa alat "kentongan" sebanyak 10 buah sebagai sarana patroli petugas poskamling dan membangunkan warga untuk bersahur.

Selain melakukan patroli sahur, Polres Madiun Kota juga membagikan takjil kepada masyarakat yang melintas di depan masjid kawasan Mapolres Madiun Kota di Jalan Pahlawan yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengamanan selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

Di bulan yang penuh berkah tersebut, Kapolres Madiun Kota AKBP Nasrun Pasaribu sebagai salah satu unsur Forkopimda juga melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan berupa safari shalat Jumat di masjid-masjid yang ada di Kota Madiun bersama anggota Forkopimda Kota Madiun lainnya.

Safari Ramadhan 1440 Hijriah tersebut merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Madiun.

Kapolres Madiun Kota Nasrun Pasaribu mengatakan safari shalat Jumat merupakan bagian dari upaya menyerap informasi dan menjaga kamtibmas. Terlebih, sebelumnya baru saja digelar Pemilu Serentak 2019.

"Pileg dan pilpres telah selesai. Bila sebelumnya ada perbedaan, mari kita tinggalkan. Mari bersama-sama menciptakan suasana yang nyaman di wilayah kita. Terlebih di bulan Ramadhan ini, mari kita berlomba-lomba mencari amal kebaikan," katanya saat safari shalat Jumat di Masjid Shabilish Sholihin Jalan Sultan Trenggono Kota Madiun.

Pihaknya berharap, dengan terlibat aktif dan dekat dengan masyarakat, stabilitas keamanan dapat terwujud. Sehingga umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa dengan aman dan nyaman.

Baca juga: Warga Kota Madiun gelar tradisi "Megengan" sambut Ramadhan

Baca juga: Produksi cincau di Madiun meningkat saat Ramadhan

Baca juga: Satgas Pangan Madiun pantau ketersediaan bahan pokok

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019