Psikolog RSJ Babel: Semua caleg dinyatakan jiwanya baik

id psikolog rsj babel,jiwa caleg,caleg babel

Psikolog dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rakkmawati (babel.antaranews.com/kasmono)

Sungailiat (ANTARA) - Psikolog dari Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rakkmawati, mencatat semua calon legislatif peserta pemilu 2019 dinyatakan jiwanya baik.

"Hasil pemeriksaan awal seluruh caleg baik untuk tingkat kabupaten, kota, provinsi dan pusat yang ikut dalam peserta pemilu 2019 dinyatakan jiwanya baik," katanya di Sungailiat, Selasa.

Dia berharap, kondisi kejiwaan caleg peserta pemilu yang dinyatakan baik hendaknya tidak terjadi perubahan jika yang bersangkutan belum dipercaya oleh masyarakat atau gagal menjadi anggota legislatif.

"Semangat positif dan tujuan yang jelas bagi caleg peserta pemilu hendaknya ditanamkan dalam jiwanya sehingga siap menerima apapun yang terjadi dari hasil pemilu," katanya.

Rakkmawati menyarankan bagi caleg yang gagal dalam pemilu, hendaknya dapat melakukan berbagai usaha atau kiprah untuk membantu masyarakat karena tujuan menjadi anggota dewan juga untuk mewakili masyarakat.

Sementara itu Kasi Pelayanan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Martha Cahyadinata mengatakan, pihaknya tidak menyediakan persiapan khusus setalah pelaksanaan pemilu.

"Kami tidak menyediakan sarana atau layanan khusus bagi calon caleg yang gagal terpilih dalam pemilu, dan kami tetap memberikan pelayanan sepertinya umumnya jika ada caleg yang membutuhkan pelayanan kesehatan atau bantuan psilokong ataupun psikiater," katanya.

Guna memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat, RSJ Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan dua orang tenaga psikiater dengan empat orang tenaga psikolog klinis.

Diakui, pada pemilu 2014 terdapat sejumlah caleg yang gagal dalam pemilu yang membutuhkan pelayanan psikilog atau psikiater namun hanya sebatas konsultasi.

Baca juga: Seorang warga divonis karena kampanyekan caleg di tempat kursus
Baca juga: Bawaslu Kalteng Diminta Awasi Pengerahan ASN Menangkan Caleg
Baca juga: Bawaslu Garut selidiki dugaan pelanggaran caleg di acara Mentan

Pewarta : Kasmono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar