Banyuwangi (ANTARA) - Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan kini sudah banyak tawaran untuk Rumah Siap Kerja, termasuk di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

“Kita lagi melihat beberapa kemungkinan di Banyuwangi, tapi sudah ada tawaran. Karena rumah kerja ini partisipatif-kolaboratif. Kalau ada anggota masyarakat dunia usaha ingin bekerja sama, Rumah Siap Kerja bisa dihadirkan dengan konsep kemitraan,” kata Sandi saat bertemu Relawan sembilan Kecamatan di Graha Bhakti Sport Centre, Curahketangi Barat, Setail, Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Selasa.

Menurut Sandi, Rumah Siap Kerja merupakan solusi mengatasi sulitnya mendapatkan lapangan kerja, terutama untuk para milenial.

Dia mengatakan, banyak unsur masyarakat dilibatkan dalam Rumah Siap Kerja dengan konsep "Public Private People Partnership" (4P).

"Rumah Siap Kerja membuka kesempatan bagi seluruh pihak untuk bekerja sama, termasuk dari sektor swasta untuk meluaskan sayap Rumah Siap Kerja," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Antara.

OK OCE dan Rumah Siap kerja merupakan dua program Prabowo Sandi dalam memangkas pengangguran.

OK OCE adalah program penciptaan lapangan kerja yang digagas oleh Sandi untuk menolong mereka yang ingin berwirausaha, serta memberikan keleluasaan bagi mereka yang ingin menentukan masa depan mereka dengan berwirausaha.

Sedangkan Rumah Siap Kerja adalah program dan fasilitas untuk mempermudah anak-anak muda mencari pekerjaan, memberikan bimbingan karir, minat dan bakat serta mempersiapkan mereka menjadi angkatan kerja yang inovatif, kreatif dan Tangguh untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

Rumah Siap Kerja, menurut Sandi, akan menurunkan dua juta pengangguran usia muda, karena mayoritas pengangguran itu di usia 15 -24 tahun.

Pilpres yang akan dilaksanakan secara serentak bersama pemilihan anggota legislatif sesuai rencana digelar 17 April 2019. Untuk Pilpres diikuti dua pasangan calon, yakni nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno. 

Pewarta: Masuki M. Astro
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019