Hingga saat ini situasi Kamtibmas di Kalbar dalam kondisi kondusif, sesuai dengan komitmen bersama dalam menciptakan Pemilu yang aman, lancar dan damai
Sungai Raya, Kalbar (ANTARA) - Forum komunikasi pimpinan daerah Kalimantan Barat pada Senin, menggelar deklarasi Pemilu damai, aman, lancar, dan sukses, demikian Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono.

"Hingga saat ini situasi Kamtibmas di Kalbar dalam kondisi kondusif, sesuai dengan komitmen bersama dalam menciptakan Pemilu yang aman, lancar dan damai," kata Didi Haryono saat menghadiri deklarasi Pemilu damai yang digelar Forkopimda Kalbar, di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Senin.

Ia berharap dengan digelarnya deklarasi Pemilu 2019 yang damai, maka penyelenggaraan pesta demokrasi 2019, dalam mengajarkan pada masyarakat akan pentingnya Ber-Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI.

"Bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat besar, dengan etnis yang juga besar, tentunya merupakan kekayaan dan kekuatan sehingga menjadi bangsa yang utuh dalam bingkai NKRI tersebut," ujarnya.

Masyarakat dan pemerintah harus memahami dan memastikan Pemilu tahun 2019, agar selalu berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

"Mari kita buat Kalbar yang mampu berkompetisi dan unggul dari semua aspek kehidupan," ujarnya.

Apalagi, Kalbar sudah sukses dalam mengelola Pilkada serentak 2018 sebelumnya. "Karena barometer politik santun adalah mampu menghilangkan fitnah, hasutan dan penyebaran berita hoaks, termasuk tidak mempolitisasi isu-isu agama dan sara," ujarnya.

Sehingga, menurut dia, kebersamaan dan toleransi menjadi kewajiban bersama-sama dalam menjaganya, yang selama ini sudah terjalin dengan baik. "Untuk itu, mari kita menjaga Kalbar yang aman, sehingga Pemilu 2019 bisa terselenggara dengan lancar dan damai, dan juga menjaga keutuhan NKRI," ajak Kapolda Kalbar.

Pewarta: Andilala
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019