Kami menargetkan partisipasi masyarakat menggunakan hak suara sekitar 78 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) 941.789 pemilih terdiri dari laki-laki 480.901 dan perempuan 460.888 pemilih
Lebak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebak, Banten, mengajak masyarakat dapat menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) 2019 berlangsung tertib dan damai.

"Kita sambut Pemilu dengan gembira tanpa menimbulkan konflik di masyarakat," kata Komisioner KPU Kabupaten Lebak Encep Supriatna di Lebak, Senin.

Pelaksanaan Pemilu serentak 17 April ?2019 diharapkan jujur dan adil juga partisipasi masyarakat menggunakan hak suara cukup tinggi.

Selain itu juga pesta demokrasi lima tahunan tanpa paksaan maupun kecurangan politik uang.

Penyelenggaraan Pemilu berlangsung tertib, lancar dan damai untuk menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan memiliki kapabilitas serta integritas untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak masyarakat dapat menggunakan hak pilih pada Pemilu dengan mendatangi sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di masing-masing desa dan kelurahan.

"Kami menargetkan partisipasi masyarakat menggunakan hak suara sekitar 78 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) 941.789 pemilih terdiri dari laki-laki 480.901 dan perempuan 460.888 pemilih," katanya menjelaskan.

Roji Santani, seorang tokoh masyarakat Kabupaten Lebak mengatakan selama ini masyarakat di daerah ini sangat mencintai Pemilu damai karena warga Lebak sangat religius terhadap ajaran Islam.

Karena itu, di daerah ini belum pernah mengalami konflik di masyarakat,termasuk pesta demokrasi itu.

Selain itu juga masyarakat Kabupaten Lebak memiliki kewajiban untuk menjaga keamanan, kerukunan, keharmonisan juga memperkuat ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah Wathoniyah.

Selama ini, kata dia, wilayah Kabupaten Lebak sudah aman, damai dan kondusif, jangan sampai dinodai adanya Pemilu dapat menimbulkan konflik.

Sebab, perbuatan konflik dan permusuhan itu bukan perilaku Islam, apalagi sampai melakukan tindakan kekerasan yang bisa merugikan masyarakat.

"Kita menjamin pesta demokrasi itu relatif sukses dan damai di kalangan masyarakat," katanya.

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019