Koba (ANTARA) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengajak masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak suara dalam pemilu serentak pada 17 April 2019.

"Saya minta kepada Disdukcapil Bangka Tengah terbitkan surat resmi dan sebarkan ke seluruh desa untuk mengajak warga menggunakan hak pilih nanti," katanya di Koba, Sabtu.

Hal itu dikemukakannya untuk menyukseskan pesta demokrasi pada 17 April 2019 dengan meningkatkan partisipasi pemilih yang datang mencoblos di TPS.

"Menyukseskan Pemilu 2019 merupakan tugas dan tanggung jawab bersama, tidak hanya penyelenggara, tetapi juga pemerintah daerah, partai politik, tokoh masyarakat dan masyarakat umum," ujarnya.

Sementara Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi mengatakan pihaknya terus berkoordinasi baik sesama penyelenggara seperti Bawaslu, pemerintah daerah dan juga partai politik peserta pemilu.

"Komitmen pemerintah daerah membantu KPU meningkatkan partisipasi pemilu tentu sangat penting, karena partisipasi pemilih bagian dari tolok ukur kesuksesan pesta demokrasi," ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya terus menyempurnakan data warga yang sudah memiliki hak pilih terutama mereka yang masuk dalam DPHTb.

"DPHTb ini khusus untuk pemilih tambahan yang luput dari pendataan namanya tidak tercatat dalam DPT," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019