Jakarta (ANTARA News) - Calon wakil presiden, Sandiaga Salahuddin Uno tetap menunaikan ibadah puasa sunnah menjelang debat capres yang akan dilaksanakan di hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis malam.

"Kebetulan hari ini hari Kamis, pas kebetulan hari saya biasanya berpuasa jadi nggak berolahraga tadi pagi, tapi cukup tidurnya Alhamdulillah," kata Sandiaga di kediamannya di Jalan Pulo Bangkeng, Jakarta Selatan, Kamis.

Sedangkan pada Rabu malam, dia mempersiapkan untuk bahan debat capres untuk topik hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

"Tadi pagi juga sempat ada beberapa kerabat mendoakan, ngasih nasehat, ngasih masukan-masukan juga dan kita bersosialisasi juga melakukan rehearsal (latihan) di rumah barusan sendiri," kata Sandiaga.

Menurut rencana, Sandiaga akan ke kediaman capres, Prabowo Subianto di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, untuk melakukan koordinasi.

"Alhamdulillah tidur cukup, nanti buka puasa mudah-mudahan bisa makan yang seger-seger, terus Insya Allah siap untuk menghadapi empat topik pertama. Mudah-mudahan, sesi debat ini bisa menjelaskan pada masyarakat perbedaan antara pemerintahan dan kepemimpinan tegas Prabowo- Sandi," kata Sandiaga.

Untuk menyelesaikan masalah-masalah hukum dan HAM, katanya, dari kunjungan ke 1.000 titik yang dilakukannya,  definisi HAM di masyarakat itu selain dari perlindungan bagi masyarakat, tapi lebih pada pemenuhan hak-hak kebutuhan pokok mereka, katanya.

"Seperti mendapatkan akses pendidikan yang baik, hak mendapatkan layanan kesehatan, hak mendapatkan pekerjaan yang layak dan itu sekarang menjadi hal-hal yang diangkat di masyarakat," kata Sandiaga.

Prabowo-Sandiaga diharapkan bisa memberikan solusi dan memberikan perhatian kepada masyarakat yang berjuang di keseharian mereka mendapatkan kehidupan yang lebih baik. 

Sedangkan mengenai masalah korupsi, katanya, semua berkomitmen untuk memberantas korupsi. Pendekatan Prabowo-Sandi, katanya,  ingin agenda korupsi menjadi agenda semua elemen bangsa dengan mengutamakan pembenahan-pembenahan dan penguatan-penguatan. 

"Juga bagaimana KPK ini bisa juga diberdayakan dan dibuat di masing-masing daerah. Kami punya pengalaman di ibukota bagaimana kehadiran KPK di ibukota ini menjadi salah satu institusi yang bisa memberikan pendidikan dan pencegahan terhadap kemungkinan kasus-kasus korupsi di pemerintahan juga di sektor swasta," kata Sandiaga.

Pasangan Calon Presiden/Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo/Ma'ruf Amin dan pasangan Calon Presiden/Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto/Sandiaga Uno akan mengikuti debat pertama di Bidakara Jakarta Selatan pada Kamis pukul 20.00 WIB.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019