Jakarta (ANTARA News) - Ada cara yang bisa Anda lakukan agar rasa bosan yang menyerang berbuah ide cemerlang, menurut Sandi Mann, dosen psikologi dari University of Central Lancashire di Inggris. 

Seperti dilansir Time, Minggu, melakukan aktivitas yang membutuhkan sedikit atau tanpa konsentrasi - seperti berjalan di rute yang biasa, berenang atau bahkan hanya duduk dengan mata tertutup - dan membiarkan pikiran Anda mengembara, tanpa musik atau rangsangan untuk membimbingnya adalah contoh yang pas. 

Penting juga untuk menjauhkan diri dari gadget sementara waktu. Menurut Mann, keterikatan budaya dengam gadget, secara paradoks menghancurkan kebosanan. 

"Karena setiap kali kami mengeluarkan telepon, kami tidak membiarkan pikiran kami mengembara dan menyelesaikan masalah kami,”kata Mann.

Orang-orang dapat menjadi kecanduan dengan dopamin yang terus-menerus diberikan konten baru  yang disediakan gadget. "Toleransi kita terhadap kebosanan berubah sepenuhnya dan kita perlu semakin banyak untuk berhenti bosan."

Mann mengatakan penting untuk tidak mengacaukan kebosanan dengan relaksasi atau aktivitas yang menenangkan seperti yoga atau meditasi, karena membuat Anda cenderung gagal menemukan stimulasi.

Baca juga: Merasa bosan ternyata ada efek positifnya, kata studi

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019